Vivarium (2019) – Rumah Kamu, Selamanya

Cover film Vivarium (2019)
Gemma dan Tom adalah pasangan kekasih muda yang ingin mencari rumah sederhana. Martin membawa mereka ke sebuah kompleks perumahan yang semua bangunannya tampak mirip. Gemma dan Tom terjebak di rumah tersebut selamanya. Cover film: IMDB.com.

Film Vivarium (2019) merupakan film thriller misteri yang layak kamu nonton. Vivarium (2019) ini mengisahkan tentang sepasang kekasih muda Gemma (Imogen Poots) dan Tom (Jesse Eisenberg) berencana untuk mencari sebuah rumah tinggal. Mereka menemukan sebuah agen properti yang menawarkan rumah sederhana dan murah. Sang agen, Martin (Jonathan Aris) membawa mereka ke kompleks perumahan yang semua rumahnya mirip. Martin meninggalkan mereka di sana dan membuat pasangan ini terjebak di rumah tersebut, selamanya.

Disutradarai dan ditulis oleh Lorcan Finnegan, Vivarium (2019) pertama kali tayang pada 18 Mei 2019 di Prancis pada acara Cannes International Critics’ Week. Film ini memperoleh 2 penghargaan dan 4 nominasi, yaitu Cannes Film Festival (2019), Fantasy Filmfest (2019), Sakhalin International Film Festival (2019), dan Sitges – Catalonian International Film Festival (2019).

Plot Vivarium (2019)

Gemma adalah seorang guru TK yang memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri walaupun sederhana dan kecil. Ia ingin tinggal bersama kekasih yang dicintainya.

Suatu hari, usai pulang mengajar, Gemma mengajak Tom untuk mencari dan melihat-lihat rumah sederhana yang murah. Mereka mengunjungi sebuah agen perumahan dan disambut oleh Martin yang aneh. Sebagai seorang sales, Martin berusaha meyakinkan mereka untuk mengambil sebuah rumah di bawah bendera Yonder Agency. Mereka pun menuju ke Kompleks Perumahan Yonder.

Screenshoot Vivarium (2019)
Gerbang Perumahan Yonder. Salah satu screenshoot film.

Gemma sangat tertarik melihat isi di dalam rumah tersebut yang tampak bersih, asri, dan nyaman. Tom pun demikian, tapi dia mulai menemukan keanehan karena di kompleks perumahan tersebut tidak seorang pun terlihat kecuali mereka. Gemma awalnya mengira bahwa rumah tersebut baru dipasarkan dan wajar jika belum ada seorang pun yang menghuni rumah itu. Saat mereka keasyikan berkeliling sekitar rumah, Martin tiba-tiba hilang secara misterius. Mobilnya pun tidak ditemui di depan rumah.

Baca Juga: Swallow (2019) – Dorong Dirimu Untuk Mencoba Hal-hal yang Baru

Tom dan Gemma meninggalkan rumah bernomor 9 tersebut. Di sinilah kejadian-kejadian aneh mulai dialami. Mereka tidak berhasil menemukan jalan keluar dari kompleks perumahan Yonder itu. Mereka terus berputar-putar di jalan yang sama dan selalu berakhir di depan rumah bernomor 9. Hanya nomor rumah yang membedakan antara satu rumah dengan rumah lainnya, selebihnya mereka menemukan hal-hal yang simetris, mirip, sama, dan serupa. Jalan-jalan dan bangunan-bangunan itu terlihat seperti labirin. Mereka terjebak dalam labirin tersebut. Hingga mobil mereka kehabisan bensin, barulah mereka berhenti mencari jalan keluar.

Screenshoot Vivarium (2019)
Komplek perumahan dilihat dari udara. Screenshoot film.

Kejadian aneh selanjutnya yang dialami mereka adalah ditemukan sebuah kotak yang sama di depan rumah mereka. Kotak itu berisi makanan dan kebutuhan lainnya. Hampir setiap hari kotak itu datang entah dari mana. Suatu hari, kotak yang dikirim itu berisi seorang bayi yang baru lahir setelah sebelumnya mereka membakar rumah aneh itu. Walaupun dibakar, rumah itu kembali seperti semula. Keanehan ini tidak pernah berhasil mereka jawab.

Bayi yang mereka rawat kian hari semakin tumbuh besar. Rutinitas yang mereka lakukan pun tampak sama. Tom mulai jenuh dengan kehidupan tersebut. Ia mulai menggali tanah di depan rumahnya. Gemma dan anaknya mulai dekat setelah sebelumnya menolak kehadiran anak tersebut dalam kehidupan mereka.

Sampai anak itu dewasa, Tom dan Gemma tidak pernah berhasil menemukan jalan keluar. Lubang yang digali oleh Tom semakin dalam. Anak mereka yang tumbuh dewasa mulai berkeliling-keliling sekitar kompleks. Pergi pagi dan pulang menjelang malam. Pernah Gemma mengikuti ke mana anak itu pergi dengan harapan mungkin anak itu bisa menemukan jalan keluar, tapi sia-sia. Gemma lagi-lagi terjebak dalam labirin yang sama.

Screenshoot Vivarium (2019)
Gemma berusaha mengikuti anak yang dibesarkannya tapi sia-sia. Dia kembali ke jalan yang sama. Screenshoot film.

Tom dan Gemma tidak pernah menyerah untuk mencari cara keluar dari Kompleks Perumahan Yonder. Apakah mereka benar-benar berhasil menemukan jalan keluar atau justru terjebak di sana selamanya? Menarik untuk ditonton.

Temukan detil film Vivarium (2019) di sini.

Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *