Film The Swordsman (2020)

The Swordsman – Kembalinya Sang Pendekar Pedang

Film The Swordsman (2020) atau dalam bahasa Korea berjudul Geom-gaek merupakan film action berlatar Joseon, sebuah nama bagi Korea saat masih memiliki dinasti-dinasti kerajaan.

Sesuai dengan namanya, The Swordsman, kita akan menonton banyak pendekar pedang yang memamerkan kelincahan mereka dalam memegang pedang. Hampir semua pemain dalam film ini menguasai sekurang-kurangnya teknik bela diri, bahkan seorang gadis kecil Tae-ok (Kim Hyun-soo) saja mampu membela dirinya sendiri saat terancam.

Adalah Tae-yul, seorang pendekar pedang yang menjadi pengawal raja Dinasti Ming harus rela mengungsi ke sebuah pegunungan. Pasalnya sang tuan telah dikudeta oleh para prajurit kerajaan. Salah satu yang melakukan kudeta tersebut adalah Min Seung-ho (Jung Man-sik), yang juga merupakan seorang pendekar pedang terbaik Dinasti Ming di Joseon.

Tae-yul dan Ming Seung-ho sempat beradu pedang. Namun raja memilih untuk menyerahkan dirinya. Tae-yul yang sebenarnya tidak terlibat apa pun dalam intrik perebutan kekuasaan itu dibiarkan pergi. Ia membawa Tae-ok yang masih bayi bersamanya. Tae-ok masih memiliki darah keturunan seorang raja.

Beberapa tahun kemudian, Tae-ok sudah mulai beranjak remaja. Mereka berdua sebenarnya hidup bahagia di sebuah kaki gunung. Namun, Tae-yul menderita sebuah penyakit yang harus segera diobati, agar dia tidak mengalami kebutaan permanen. Atas saran dari seoran tabib, Tae-ok dan Tae-yul pergi ke pusat kerajaan untuk mencari penawar bagi penyakitnya.

Saat mereka tiba di sana, situasi politik Joseon sedang meningkat. Gurutai dan komplotannya yang berasal dari Dinasti Qing membuat keonaran di wilayah Dinasti Ming. Tapi Dinasti Ming tak berdaya melihat situasi tersebut. Gurutai adalah pendekar pedang terhebat yang pernah dijumpai oleh para musuhnya.

Sikap sombong dan semena-mena yang diperlihatkan oleh Gurutai (Joe Taslim) dan komplotannya membuat gerah Min Seung-ho. Tapi apa boleh buat. Dia tidak bisa melakukan apa pun karena raja yang dibelanya berada di bawah tekanan Dinasti Qing.

Tae-yul memilih untuk tidak ikut campur dalam situasi yang menegangkan tersebut. Tapi tae-ok tidak demikian. Dia harus melakukan apa saja untuk bisa mendapatkan penawar bagi penyakit sang ayah. Tae-ok bahkan bersedia untuk menjadi anak angkat salah seorang pejabat Dinasti Ming. Tugasnya sangat sederhana, yaitu menemani atau mengasuh orang tua angkatnya yang sudah mulai menua.

Tapi Tae-yul memiliki firasat buruk terhadap keselamatan putri angkatnya itu. Dia pun mulai mencari keberadaan Tae-ok. Agar informasi yang diperolehnya akurat, dia terpaksa menggunakan jalan kekerasan. Selama pencariannya, banyak korban berjatuhan dari pedangnya. Bahkan ketika para prajurit Dinasti Qing menembaknya, Tae-yul berhasil melumpuhkan semua prajurit tersebut.

Pertarungannya dengan beberapa pasukan Dinasti Qing membuat matanya kembali berulah. Beruntung baginya. Dalam situasi sekarat tersebut, seseorang menyelamatkannya. Sementara itu di lain sisi, Min Seung-ho mulai menyadari kekhilafan yang pernah dilakukannya terhadap Dinasti Ming. Dia menunda keputusannya untuk pensiun. Bertahun-tahun dia membela kekuasaan yang penuh kebohongan sebelum dia diajak oleh Gurutai untuk bergabung bersamanya.

Sebenarnya Min Seung-ho bersedia bergabung karena hanya ingin menebus kesalahannya dulu. Tapi agaknya penyesalan itu sudah terlambat. Dan saat Tae-yul tiba di kediaman Gurutai untuk membebaskan putri angkatnya, dia harus berhadapan dengan Min Seung-ho.

Kedua pendekar pedang ini bertarung dengan adil. Pada pertarungan mereka yang pertama beberapa tahun yang lalu, Tae-yul harus pergi dengan menanggung malu karena tidak mampu membela sang tuan. Tapi untuk pertarungan hari ini, Tae-yul mampu mengalahkan Min Seung-ho yang harus mati tragis dengan pedang Gurutai.

Akhirnya pertarungan dua pendekar pedang tak bisa dielakkan. Tae-yul harus mampu mengalahkan Gurutai untuk bisa mendapatkan kembali putrinya. Ya, kali ini dia tidak boleh menanggung malu seperti beberapa tahun sebelumnya.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saya tidak akan menceritakan akhir dari pertarungan mereka. Silakan dinonton sendiri film The Swordsman (2020) []

Tinggalkan Balasan