The Informer (2019) – Pilihlah Musuh Anda dengan Bijak

Cover The Informer (2019)

Film The Informer (2019) merupakan film drama kriminal yang disutradarai oleh Andrea Di Stefano. The Informer mengisahkan tentang seorang narapidana, Pete Koslow (Joel Kinnaman) yang ditugaskan oleh FBI untuk membongkar mafia narkoba terbesar yang dikuasai oleh Klimek, gembong narkoba asal Polandia.

Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana konspirasi yang dilakukan oleh FBI dengan mengorbankan orang lain. Agensi ini akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Tapi FBI berurusan dengan orang yang salah. Film The Informer (2019) ini memberitahukan kepada kita bahwa sebuah kesepakatan bisa saja batal karena tujuan yang diharapkan sepihak tidak tercapai. Lihat detail film di situs IMDB.

Plot The Informer

Pete Koslow harus menjadi musuh untuk kaumnya sendiri. Sesuatu yang sebenarnya enggan untuk dilakukannya. Tapi tidak ada pilihan lain baginya untuk bisa menghirup udara bebas. Agen FBI, Montgomery (Clive Owen) dan Wilcox (Rosamund Pike) memanfaatkan Koslow untuk menjadikannya sebagai informan. Dia dilepaskan dari penjara dan membawa kembali Koslow ke dalam komunitasnya.

Misi Koslow tergolong bahaya karena harus membongkar kedok mafia narkoba Polandia, Klimek. Selama menjalankan misinya, Koslow selalu bersama Stazek, orang kepercayaan Klimek. Ke mana pun Stazek menjalankan aksinya, Koslow selalu berada di sana. Termasuk saat terjadinya negosiasi yang menyebabkan Gomez, polisi NYPD yang menyamar sebagai pembeli tewas di tangan Stazek. Kematian ini membuat Klimek berang. Tidak ada mafia narkoba yang ingin berurusan dengan polisi NYPD. Stazek pun mendapat penghukuman.

Kematian Gomez diinvestigasi oleh NYPD dengan serius. Bagi mereka, ini adalah kejahatan yang tidak bisa dimaafkan. Selama proses investigasi, Detektif Grens (Common) menemukan keterkaitan FBI dengan seorang narapidana yang bekerja bersama Klimek. Grens mendatangi FBI dan mengancam mereka agar memberikan informasi tentang misi yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Tapi FBI berdalih dan mencari berbagai alasan untuk menutup informasi penting terkait informan mereka.

Baca Juga: The Painted Bird (2019) – Kisah Tragedi Seorang Bocah Yahudi

Klimek ingin melebarkan sayap operasinya lebih jauh lagi. Dan dia melihat penjara sebagai sebuah tempat penting untuk menjalankan bisnisnya. Dia pun mengirim Pete Koslow kembali ke penjara sebagai pengedar. Lagi-lagi situasi ini dimanfaatkan oleh FBI untuk memperoleh informasi lain tentang siapa-siapa saja yang terlibat dalam jaringan Klimek. Di penjara itu juga banyak didominasi oleh anak buah Klimek dan Koslow harus membuka mulut mereka.

Tapi situasi berubah. Pete Koslow ketahuan. Anak buah Klimek berang dan ingin membunuhnya. Tapi beruntung Koslow dapat meloloskan dirinya. Koslow terjebak sendirian. FBI yang mengetahui bahwa data informannya bocor akhirnya lepas tangan. Mereka menyanggah dan menghapus data-data tentang Koslow. Satu-satunya harapan bagi Koslow ada di tangan NYPD. Detektif Grens yang dihubungi oleh isteri Koslow pun bergerak cepat. Dia sudah mencium aroma konspirasi di tubuh FBI.

Bagaimana akhir petualangan Pete Koslow di penjara? Apakah dia berhasil lolos dari maut yang menjeratnya? Menarik untuk ditonton.

Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *