The Courier (2020)

The Courier (2020) – Pengkhianatan yang Menggagalkan Perang

Film The Courier (2020) diangkat dari kisah nyata tentang seorang pengusaha yang dijadikan kurir untuk menyampaikan pesan dari pembelot Rusia. Pada masa pemerintahan Nikita Khruscchev, sang perdana menteri Uni Soviet ini bersikukuh ingin mengobarkan perang terhadap Barat. Saat itu sedang terjadinya perang dingin yang hebat antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Masing-masing pihak ingin menanamkan pengaruhnya kepada tatanan dunia yang baru pasca perang dunia.

Adalah Greville Wynne (Benedict Cumberbatch), seorang pengusaha Inggris yang direkrut oleh agen mata-mata Amerika untuk mengembangkan bisnisnya ke Uni Soviet. Alasan pemilihan dirinya sangat tepat. Di samping dia memiliki pengalaman bisnis di negara-negara berpaham Timur, ia juga tidak akan dicurigai oleh KGB (agen militer Uni Soviet). Toh tujuannya hanyalah untuk berbisnis.

Emily Donovan (Rachel Brosnahan) si agen Amerika yang cantik juga sepakat dengan pemilihan Greville. Dia bisa menilai Greville dari penampilannya. Emily yakin Greville akan dapat menjalankan misinya sebagai seorang kurir politik. Di sinilah The Courier (2020) mulai menarik.

Greville terbang ke Moskow dan disambut oleh Dewan Perekonomian Uni Soviet di bawah pimpinan Kolonel Oleg Penkovsky (Merab Ninidze). Kolonel Oleg adalah seorang perwira militer Uni Soviet. Tapi dia tidak senang dengan kepemimpinan sang perdana menteri yang terlalu otoriter. Selain itu Oleg juga tidak menginginkan terjadinya perang. Dia mengharapkan perdamaian dunia.

Kedatangan Greville mendapat sambutan hangat dari Oleg dan ia langsung tahu bahwa ada misi lain yang dibawa oleh Greville ke Moskow. Oleg tahu dari pin dasi yang dikenakan Greville. Seakan gayung bersambut, Greville pun langsung tahu arah dan tujuan Oleg. Mereka pun menjalin hubungan persahabatan secara spontan.

Oleg mengirimkan beberapa rahasia negara melalui Greville. Hasil kiriman ini diserahkan kepada Emily yang langsung melakukan evaluasi. Kiriman dokumen penting ini beberapa kali diterima oleh Emily. Hasilnya memang luar biasa. Beberapa kebijakan politik Amerika terhadap Uni Soviet langsung terasa. Perang yang akan dipicu oleh Nikita dapat dihindari seminimal mungkin berkat beberapa kebijakan yang tepat.

Hubungan akrab Oleg dan Greville justru memantik kecurigaan KGB. Lewat pengintaian mendalam, peran Oleg dan Greville pun terbongkar. Di saat Oleg berupaya melarikan diri bersama keluarganya dari Moskow, ia ditangkap oleh KGB. Begitu juga Greville, ia ditangkap saat hendak terbang ke Inggris.

The Courier (2020) adalah film politik yang menggambarkan bahwa pengkhianatan tidak selalu berdampak buruk. Berkat Oleg, perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat dapat terhindarkan. Kedua negara ini pada saat itu sedang berada di puncak. Jika kedua negara ini berperang, tentu akan berdampak bagi negara-negara lain.

Bertahun-tahun disekap oleh KGB, Greville akhirnya dibebaskan walaupun harus ditukar dengan agen KGB yang ditangkap oleh Barat. Tapi sayangnya, Oleg Penkovsky telah dieksekusi.

Lihat pemeran film ini di IMDB.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan