The Corrupted: Hal yang Lebih Kuat dari Keserakahan Adalah Pembalasan

Cuplikan The Corrupted (2019)

Korupsi adalah kejahatan yang sangat berbahaya. Dalam film The Corrupted (2019) arahan Ron Scalpello kita akan melihat banyak sekali kejahatan sistematis yang melibatkan kepolisian di Inggris.

Tapi The Corrupted tak melulu berkisah tentang kejahatan atau keserakahan akan uang. Di dalamnya akan menemukan sebuah cinta dan pengorbanan. Adalah dua bersaudara Liam McDonagh (sam Claflin) dan Sean McDonagh (Joe Claflin) yang yatim sejak kecil. Usai bermain sepak bola, mereka menemukan ayah mereka mati bunuh diri. Selama bertahun-tahun Liam membenci kematian ayahnya itu, namun kebenaran terungkap di mana ayah mereka ternyata tidak mati karena bunuh diri melainkan dibunuh oleh bandit sekelas Clifford Cullen (Timothy Spall).

Liam merupakan narapidana yang sedang menjalani masa percobaannya. Ia harus kehilangan keluarganya, tapi istrinya Grace (Naomi Ackie) memberi kesempatan terakhir untuknya. Liam harus berusaha untuk mengembalikan kepercayaan keluarganya itu. Sebagai mantan narapidana, ia harus menerima kenyataan pahit karena tak satu pun orang yang mempekerjakan dirinya.

Cullen sang agen properti sekaligus bandar narkoba melihat Liam saat sedang berlatih di sasana tinju. Ia tertarik untuk membayar Liam agar bertanding di acara amal yang digelarnya. Cullen adalah seorang dermawan yang kaya raya. Hartanya berlimpah ruah. Jadi tak salahnya jika ia beramal dengan menyumbangkan hartanya untuk panti asuhan karena ia adalah seorang anak yang berasal dari panti asuhan.

Liam tidak pernah menyangka bahwa kebahagiaan yang sedang dipupuknya perlahan-lahan karena Cullen telah menolong keterpurukannya, tiba-tiba menjadi sebuah kebencian. Sang adik, Sean terjebak dalam genggaman Cullen. Ia bekerja untuk Cullen sebagai pengedar narkoba. Cullen tidak akan memaafkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para pekerjanya.

Baca Juga: Bret Trautmann, Mantan Tentara Nazi yang Menjadi Kiper Manchester City

Sahabat baik Sean yang melakukan kesalahan kecil mati di tangan Cullen. Ciut nyali Sean sesaat. Ia pun terdesak karena seorang detektif yang sedang menyelidiki upaya kejahatan korupsi di kepolisian memaksa Sean untuk memberi informasi kepadanya. Sean dicap sebagai pengadu dan dibunuh oleh Cullen. Kematian Sean yang menggenaskan juga ada campur tangan para polisi yang korup.

Mendengar kematian Sean dan mengingat kebenaran yang mulai terungkap, tidak ada pilihan bagi Liam untuk melakukan pembalasan atas setiap kejahatan yang dilakukan Cullen. Satu-satunya polisi yang masih dipercayainya adalah seorang detektif yang menjadikan Sean sebagai informan. Tapi sang detektif pun harus mati karena konspirasi kejahatan yang dilakukan oleh polisi lainnya.

Tidak hanya itu, seorang jurnalis yang banyak menguak fakta tentang kejahatan Cullen juga harus mati. Sekarang ke mana Liam harus mengadu?

Keluarga adalah tujuan akhir bagi peraduan Liam. Tapi keluarga pula yang membuatnya menjadi lemah. Anak dan isteri Liam disandera oleh Cullen. Sebagai penebusannya, Liam harus mengembalikan uang Cullen yang dicuri oleh Sean sebelum kematiannya.

Sebagai penjahat kelas kakap, tak ada belas iba pada diri Cullen. Liam dikhianati. Beruntung bagi Grace yang melihat gelagat tak menguntungkan bagi mereka. Entah keberanian dari mana, Grace membunuh sopir yang membawa Cullen dan anak buahnya. Saat itu sang sopir berada di mobil sementara Cullen dan anak buahnya bernegosiasi dengan Liam.

Kejahatan dan keserakahan adalah dua hal yang akan menghancurkan. Itulah yang terjadi pada diri Cullen. Liam berhasil menuntaskan dendamnya. Tapi korupsi di tubuh kepolisian Inggris belum terungkap. Liam dan keluarganya lebih memilih untuk berdamai.

Di luar sana, Anthony Hammond (Hugh Bonneville) yang menjadi otak kejahatan terbesar di kepolisian masih bebas menghirup udara di London yang saat itu sedang bersiap untuk menyambut pesta olimpiade 2012.

Kredit The Corrupted dapat dilihat lebih detil di IMDB.

Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *