Swallow (2019) – Dorong Dirimu Untuk Mencoba Hal-hal Yang Baru

Review film Swallow (2019)
Hunter Conrad (Haley Bennet) adalah seorang ibu rumah tangga yang terguncang kejiwaannya saat sedang hamil pertama. Berbagai tekanan jiwa yang dialaminya erat kaitannya dengan masa lalunya. Cover: IMDB.com.

Bagi kamu yang menyukai film bergenre drama psikologi, barangkali film Swallow (2019) menjadi salah satu pilihan yang layak untuk ditonton. Film yang disutradarai oleh Carlo Mirabella-Davis ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda yang sedang menikmati masa kehamilannya. Hunter (Haley Bennet) tinggal bersama suaminya Richie Conrad (Austin Stowell) di sebuah rumah yang asri. Tapi kebahagiaan yang dibayangkannya tidak pernah tercapai dan kejiwaannya mulai terguncang.

Film Swallow (2019) mendapatkan beberapa penghargaan internasional seperti pemenang aktris terbaik pada Tribeca Film Festival (28 April 2019), pemenang sutradara dan screenplay terbaik pada Fantasia International Film Festival (11 Juli 2019), pemenang hadiah spesial pada Deauville Film Festival (7 September 2019), dan mendapat penghargaan dari penonton pada Brooklyn Horror Film Festival (19 Oktober 2019).

Plot Swallow (2019)

Hunter dan Richie hidup bahagia di sebuah rumah mewah yang baru dibelinya. Karir Richie saat itu sedang menanjak dan dipercayakan menjadi CEO di sebuah perusahaan milik ayahnya. Tentu ini menjadi kebahagiaan besar bagi dirinya dan bisa melanjutkan perusahaan keluarganya. Ini semua tidak lepas dari kehadiran Hunter, istri yang sangat dicintainya.

Hunter adalah ibu rumah tangga yang selalu menunggu suaminya pulang kerja dalam keadaan yang cantik dan telah mempersiapkan makan malam bersama. Rutinitas yang dilakukan Hunter pun tampak sama, tak ubahnya seperti ibu rumah tangga lainnya. Hanya sekali-sekali dia ikut suaminya dalam acara keluarga Conrad.

Kebahagiaan Hunter dan Richie semakin bertambah ketika Hunter mengandung. Richie sangat senang mengabarkan berita ini kepada orang tuanya, Michael Conrad (David Rasche) dan Katherine Conrad (Elizabeth Marvel). Dalam sebuah makan malam keluarga di sebuah restoran, Michael dan Katherine tak bisa menyembunyikan kebahagiaan mereka. Suasana makan malam begitu menggembirakan. Tapi tiba-tiba hampir berantakan saat Hunter menceritakan kehidupan keluarganya. Pertanyaan ini keluar dari mulut Michael. Belum selesai Hunter bercerita yang mungkin tampak membosankan, Michael mengalihkan pembicaraan lain. Tentu saja Hunter merasa kecewa. Terkesan tidak menghargai dirinya. Hal yang serupa juga terjadi di meja makan saat Hunter dan Richie menikmati makan malam di rumah mereka di suatu malam. Hunter mulai merasa seperti orang asing dalam keluarga Conrad.

Hunter mulai tertekan dan selalu bertanya-tanya kepada Richie jika dia melakukan kesalahan atau membuatnya tidak bahagia. Beban pikiran karena ingin tampil sempurna di hadapan Richie membuat dirinya tertekan. Ditambah lagi Richie yang kerap mengabaikan kehadiran dirinya.

Review film Swallow (2019)
Cuplikan film saat Hunter menerima buku motivasi diri dari Katherine.

Suatu hari Katherine mengunjungi Hunter dan memberikan sebuah buku tentang motivasi diri dalam menghadapi kehamilan. Buku itu akan membantu dirinya hingga pasca persalinan. Begitulah kata Katherine. Hunter mulai membaca buku itu dan menemukan kalimat yang menggugah batinnya, “Setiap hari, cobalah melakukan sesuatu yang tak terduga. Dorong dirimu untuk mencoba hal-hal yang baru.”

Kalimat tersebut membuat Hunter menyadari bahwa hidup ini tidak monoton. Dia ingin melakukan sesuatu hal yang baru. Dan yang terlintas di benaknya adalah menelan suatu benda yang tak lazim dilakukan. Benda pertama yang ditelannya adalah kelereng. Awalnya dia merasa sesuatu seperti tersedak di rongga lehernya, tapi begitu benda aneh itu masuk ke dalam perut, dia merasakan sensasi yang luar biasa. Sensasinya semakin indah saat benda itu keluar dari anus-nya. Benda-benda yang telah ditelannya dikumpulkan kembali.

Baca Juga: Escape from Pretoria (2020) – Keluarlah Sebelum Itu Menghancurkanmu

Saat kehamilan Hunter diperiksa oleh dokter kandungan, ditemukan benda-benda aneh di dalamnya. Dokter pun menyarankan Hunter untuk dibawa ke ruang bedah dan mengeluarkan benda-benda logam itu melalui mulutnya. Setelah kejadian itu, keluarga Conrad menyadari bahwa ada kelainan mental yang dialami oleh Hunter. Mereka pun menyewa seorang perawat, Luay (Laith Nakli) untuk mengawasi kelakuan Hunter. Di samping itu Hunter pun harus rutin melakukan kunjungan ke psikiater untuk terapi kejiwaannya. Sang psikiater berusaha menggali informasi tentang masa lalu Hunter yang disembunyikannya.

Psikiater merasa terkejut mendengar kisah masa lalu Hunter. Dia adalah anak haram yang dilahirkan oleh ibunya yang diperkosa oleh pria bernama Erwin (Denis O’Hare). Hunter selalu membawa foto Erwin untuk mengingat bahwa Erwin adalah ayahnya, atau si pemerkosa yang tak bertanggungjawab walaupun Erwin dipenjara atas kelakuannya itu.

Luay menyadari bahwa Hunter tidak senang dengan kehadirannya. Tapi dia harus mematuhi perintah dari majikannya. Dia mengawasi dan membantu Hunter agar tidak menelan benda-benda yang akan membahayakan jiwanya. Namun dia kecolongan ketika Hunter mengelabuinya dan menelan sebuah obeng kecil yang membuat tubuhnya kejang-kejang.

Setelah kejadian itu, keluarga Conrad merekomendasikan Hunter untuk dirawat di sebuah rumah sakit jiwa. Saat Hunter akan dibawa ke sana, dia melarikan diri. Pelarian ini sebenarnya dibantu oleh Luay yang tidak tega melihat penderitaan Hunter. Menurut Luay, Hunter terlalu tertekan dengan keadaan dirinya yang tidak bebas dan terperangkap di dalam rumah itu. Kurangnya perhatian Richie – walaupun Richie sangat mencintainya – membuat Hunter mengalami masa sulit. Kondisinya ini juga diperparah dengan masa lalunya yang kelam.

Review film Swallow (2019)
Hunter memulai kehidupan barunya setelah menemui ayah kandungnya. Screenshoot film.

Selama pelariannya yang tak tentu arah, Hunter mencoba untuk menemui Erwin. Saat itu ulang tahun Erwin. Keluarga dan rekan-rekan Erwin berkumpul di sana. Hunter tidak ingin merusak pesta itu. Dia hanya ingin mendapat pengakuan saja alih-alih untuk tinggal bersama mereka. Sebelumnya Hunter menghubungi ibunya, tapi dia tidak mendapat sambutan yang bagus. Menemui Erwin adalah pilihan terakhirnya. Tapi pertemuan itu membuat Hunter menyadari kehidupannya. Erwin tidak akan menerima kehadiran Hunter dan dia mengaku salah kepada Hunter. Pengakuan ini yang membuat jiwa Hunter tenang.

Hunter menggugurkan kandungannya di sebuah toilet umum. Dia ingin mencari kebebasan dan memulai kehidupan barunya.

Untuk informasi film Swallow (2019) bisa dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan