25 nabi

Selayang Pandang 25 Nabi yang Wajib Diketahui

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jumlah nabi dan rasul yang ada di dunia ini berjumlah 214.000 orang dan jumlah rasul hanya 313 orang. Di antara rasul tersebut, ada 25 nabi yang wajib diketahui oleh umat Muslim.

Berikut ini selayang pandang 25 nabi-nabi yang wajib diketahui, yaitu:

1. Nabi Adam

Pasangan hidup Nabi Adam adalah Siti Hawa. Dari kedua pasangan manusia inilah, lahir keturunan-keturunan manusia dengan berbagai ras, suku, bangsa, dan bahasa di duni ini. Menurut beberapa pendapat ulama, Nabi Adam dan Siti Hawa mulanya menetap di surga. Tapi sebagian ulama lain ada yang mengatakan bahwa keduanya berada di bumi. Nabi Adam dijadikan dari tanah, dan Siti Hawa berasal dari bahagian tubuh Nabi Adam.

Menurut keterangan yang menyatakan bahwa Nabi Adam berasal dari surga, dan beliau diusir dari surga adalah semua karena perbuatan iblis laknatillah. Iblis juga yang menyebabkan kedua pasangan manusia ini diusir dari kebun kenikmatan yang telah diberikan Tuhan di dunia ini.

Dalam ajaran agama lain, ketika Adam diusir dari surga, maka seluruh manusia menjadi berdosa. Hanya kedatangan Isa kelak yang akan menghapuskan dosa-dosa tersebut. Ada beberapa agama memang meyakini adanya dosa kelahiran, atau dosa sejak lahir. Berbeda dengan Islam, setiap manusia yang baru dilahirkan, dia terbebas dari dosa dan berada dalam keadaan suci. Dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia akan dihitung ketika dia mulai baligh dan berakal.

2. Nabi Idris

Nabi Idris memiliki makna namanya sebagai pembelajaran. Ada yang mengatakan bahwa nama aslinya adalah Akhnukh. Sebab dikatakan sebagai Idris atau pembelajaran, pada masa beliau orang-orang telah mulai belajar menenun kain dan segala pelajaran penting lainnya untuk kehidupan manusia di zamannya.

3. Nabi Nuh

Untuk membaca selayang pandang Nabi Nuh, silakan baca di postingan Inilah Rasul-rasul yang Digelari Ulum Azmi.

4. Nabi Hud

Nabi Hud merupakan keturunan dari Sam bin Nuh. Ia diutus kepada bangsanya kaum ‘Ad di negeri Ahqaf, setelah timur Hadramaut di tanah Yaman.

5. Nabi Shalih

Nama nasabnya adalah Shalih bin ‘Ubaid bin Jabir bin Tsamud bin Amir bin Iram bin Sam bin Nuh. Ia diutus kepada kaum Tsamud di negeri Hijir, sebuah kota antara Hijaz dan Syam di sebelah Tenggara dari kota Madyan dekat teluk ‘Aqabah.

6. Nabi Ibrahim

Ia diutus kepada kaumnya terutama kepada penyembah berhala di masa Kerajaan Namruz. Istri beliau ada dua, yaitu Siti Hajar dan melahirkan anak yang bernama Ismail. Dari keturunan Ismail inilah Nabi Muhammad berasal. Kemudian istri Nabi Ibrahim yang kedua adalah Siti Sarah yang melahirkan anak bernama Ishak. Dari silsilah keturunan inilah orang-orang Isra’il berasal karena Nabi Yakub yang bergelar Isra’il itu adalah anak Nabi Ishak.

7. Nabi Luth

Beliau hidup semasa dengan Nabi Ibrahim. Di masa beliau banyak terjadi hal-hal yang menyimpang dari ajaran agama. Kebanyakan kaum Nabi Luth tidak menyukai lawan jenis. Akibat hubungan dengan sesama jenis, Tuhan menghukum kaum Nabi Luth dengan kebakaran yang hebat. Seluruh kaum Nabi Luth yang ingkar dibinasakan Tuhan. Bekas kebakaran hebat itu diyakini berada di Laut Mati.

8. Nabi Ismail

Nabi Ismail adalah anak Nabi Ibrahim. Beliau diantar oleh Nabi Ibrahim ke Mekkah bersama dengan ibunya, Siti Hajar. Semasa Nabi Ismail di Mekkah, bersama Nabi Ibrahim, mereka mendirikan Baitullah. Bekas tempat mereka mendirikan bangunan tersebut kini dinamakan dengan Maqam Ibrahim. Dari silsilah Nabi Ismail inilah lahir Nabi Muhammad.

9. Nabi Ishak

Nabi Ishak juga merupakan anak Nabi Ibrahim yang lahir dari rahim Siti Sarah.

10. Nabi Yakub

Nabi Yakub adalah Nabi Ishak. Disebutkan di dalam Taurat, Nabi Yakub ditulis dengan Yakobus dan beliau digelari dengan Isra’il. Kenapa digelar demikian? Kata tersebut berasal dari dua kata, yaitu isra artinya melakukan perjalan, dan lail artinya malam. Karena pada waktu malam beliau hijrah meninggalkan negerinya. Anak beliau ada 12 orang, di antaranya adalah Nabi Yusuf yang oleh saudara-saudaranya dibuang dan kemudian menjadi raja muda di Mesir.

11. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf merupakan anak dari Nabi Yakub. Beliau memiliki wajah yang tampan dan membuat kagum orang-orang yang memandangnya. Oleh saudara-saudaranya, Nabi Yusuf dibuang. Lalu takdir berbicara lain. Beliau tiba di Mesir dan menjadi orang besar. Ketampanannya membuat wanita ingin mendekatinya. Fitnah pun terjadi karena beliau dituduh melakukan perbuatan zina. Beliau dibebaskan dari tuduhan keji tersebut karena ada saksi yang melihat kebenarannya.

12. Nabi Ayyub

Nabi Ayyub adalah seorang yang banyak mengalami penderitaan dan cobaan-cobaan, seperti penyakit yang membuat tubuh beliau hancur dan berulat. Penyakit ini sangat menyiksa beliau tapi beliau tetap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan Tuhan tersebut.

13. Nabi Syu’aib

Nabi Syu’aib adalah mertua dari Nabi Musa dan diutus kepada kaumnya di negeri Madyan.

14. Nabi Musa

Selayang pandang Nabi Musa dapat dibaca di Inilah Rasul-rasul yang Digelari Ulum Azmi.

15. Nabi Harun

Beliau hidup semasa dengan saudaranya Nabi Musa. Saat Nabi Musa bermunajat kepada Tuhan di Bukit Sina di utara Laut Merah, Nabi Musa meninggalkan kaumnya. Saat Nabi Musa meninggalkan kaumnya, banyak kaum Nabi Musa yang mulai menyembah anak lembu yang disebut dengan Samiri. Nabi Harun menggantikan tugas sementara Nabi Musa untuk menyadarkan kembali kaumnya. Nabi Harun sangat bijak dalam berkata-kata dan pandai berdiskusi.

16. Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli adalah anak Nabi Ayyub. Beliau diutus ke negeri Rum.

17. Nabi Daud

Beliau menjadi raja di masa pemerntahan Israil di Palestina. Beliau memiliki suara yang melengking dan mampu memekakkan telinga lawannya. Beliau menerima Kita Zabur dari Tuhan. Beliau memiliki mukjizat yang mampu meleburkan besi.

18. Nabi Sulaiman

Beliau menjadi raja di Palestina setelah Nabi Daud wafat. Beliau menjadi raja yang adil dan tegas. Beliau akan menghukum siapa pun yang berbuat salah. Kerajaannya sangat kuat dan ditakuti oleh kerajaan-kerajaan lain.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas sampai sekarang diyakini masih hidup. Menurut keterangan sebagian ulama, bahwa Nabi Ilyas setahun sekali akan mengunjungi Baitullah di Mekkah bersama Nabi Khidir. Beliau diutus kepada kaum Bani Israil.

20. Nabi Ilyasa’

Beliau adalah anak dari Akhtub bin ‘Ajuz. Beliau diutus juga kepada kaum Bani Israil.

21. Nabi Yunus

Beliau terkenal karena mampu selamat dari ikan paus yang besar di tengah samudera.

22. Nabi Zakaria

Hidup di masa Maryam. Beliau sudah tua dan belum memiliki anak. Beliau mengasuh Maryam, ibunya Nabi Isa. Saat Malaikat Jibril meniupkan ruh ke rahim Maryam, Nabi Zakaria juga memohon kepada Tuhan untuk memberikannya seorang anak. Doa tersebut dikabulkan dan lahirlah Nabi Yahya.

23. Nabi Yahya

Anak dari Nabi Zakaria. Beliau hidup semasa dengan Nabi Isa.

24. Nabi Isa

Selayang pandang Nabi Isa dapat dibaca di Inilah Rasul-rasul yang Digelari Ulum Azmi.

25. Nabi Muhammad

Selayang pandang Nabi Muhammad juga bisa dibaca di Inilah Rasul-rasul yang Digelari Ulum Azmi.

Demikianlah selayang pandang 25 nabi yang wajib diketahui oleh umat Muslim di dunia. 25 nabi ini wajib diketahui nama-namanya oleh umat Muslim. Nah, jangan lupa dihafal ya nama-namanya. []

Tinggalkan Balasan