Melihat Beberapa Keajaiban Sedekah

Keajaiban sedekah dan memberi itu lebih baik daripada menerima.
Barang siapa membawa amal baik, maka baginya (pahala) 10 kali lipat dari amal kebaikannya, gambar dari Freepik.com.

Tahukah Anda bahwa sedekah yang kita berikan dengan niat yang tulus memiliki beberapa keajaiban. Kita tidak akan menduga keajaiban sedekah kadang-kadang memberikan kepada kebaikan di dunia dan di akhirat. Sungguh Allah akan membalas setiap kebaikan-kebaikan yang kita lakukan.

Dalam surat Al-An’am ayat 160, Allah berfirman yang artinya: “Barang siapa membawa amal baik, maka baginya (pahala) 10 kali lipat dari amal kebaikannya, dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat, maka dia tidak diberi pembalasan, melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedangkan mereka sedikit pun tidak dianiaya.”

Ayat di atas ditafsirkan oleh Quraish Shihab yakni barang siapa melakukan perbuatan baik, dia akan memperoleh pahala sebesar 10 kali lipat sebagai karunia dari Allah. Barang siapa yang melakukan perbuatan jahat, dia hanya disiksa seberat dengan dosa yang dilakukannya. Kelak tidak akan ada kecurangan dengan mengurangi pahala atau menambah-tambah hukuman.

Nah, kembali lagi kepada keajaiban sedekah. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa sedekah itu bila telah keluar dari tangan si pemberi sedekah, maka sedekah itu akan berkata:

  1. Semula aku kecil, maka engkau telah membesarkan aku
  2. Semula engkau adalah penjagaku, tapi sekarang akulah yang akan menjagamu
  3. Semula aku adalah musuhmu, maka sekarang engkau mencintai aku
  4. Aku adalah sesuatu yang fana, maka engkau telah menjadikan aku sesuatu yang abadi
  5. Aku adalah bilangan yang jumlahnya sedikit, maka engkaulah telah menjadikan aku jumlah bilangan yang banyak

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Pahala Sedekah Tetap Mengalir

Rasulullah pernah bersabda: “Tidak ada seorang Muslim pun yang memberi makan kepada saudaranya sehingga kenyang dan memberi minum sehingga puas kecuali dijauhkan oleh Allah dari neraka. Allah menjadikan batas pemisah antara dia dan neraka sejauh tujuh parit, yang jarak di antara setiap parit sejauh perjalanan selama 500 tahun.”

Perumpamaan orang dermawan dan orang kikir seperti pohon yang melengkung. Sifat dermawan itu bagaikan pohon di surga yang dahan-dahannya melengkung ke dunia. Maka barang siapa yang mengambil satu dahan ini (memiliki sifat dermawan), dia akan dibimbing ke surga. Sebaliknya, sifat kikir itu bagaikan pohon yang dahan-dahannya melengkung ke dunia. Jika dia mengambil sebatang dahan dari pohon neraka (memiliki sifat kikir), maka dia akan dibimbing menuju ke neraka.

Orang yang memiliki sifat dermawan dan senang bersedekah dengan penuh ketulusan, maka orang itu akan dekat dengan kebenaran dan dekat dengan sesama makhluk. Sedangkan orang kikir itu jauh dari kebenaran dan juga jauh dari sesama makhluk. Ingatlah! Orang kikir tidak akan masuk surga walaupun dia seorang zahid (orang yang meninggalkan dunia dan sibuk beribadah).

Dalam sebuah riwayat pernah ditegaskan bahwa sedekah itu bisa menghalangi tujuh puluh macam bencana. Bencana yang paling ringan misalnya terkena penyakit di badan kita.

Sedekah itu setidaknya akan menutup 70 pintu kejahatan. Menurut riwayat, sedekah itu ada 4 macam pembalasannya:

  1. Satu sedekah akan dibalas dengan 10 kali lipat, misalnya sedekah yang diberikan kepada fakir miskin
  2. Satu sedekah akan dibalas dengan 70 kali lipat, misalnya sedekah yang diberikan kepada sanak saudara
  3. Satu sedekah akan dibalas dengan 700 kali lipat, misalnya sedekah yang diberikan kepada teman-teman
  4. Satu sedekah akan dibalas dengan 1000 kali, adapun sedekah yang dibalas dengan 1000 kali lipat adalah sedekah yang diberikan kepada para penuntut ilmu.

Sedekah itu tidak hanya berupa harta benda saja. Jika seseorang mampu bersedakah dengan ilmu, maka sedekahkanlah ilmu yang dimilikinya kepada orang lain. Jika seseorang memiliki tenaga yang kuat, maka bersedekahlan dengan bantuan tenaga yang dimilikinya itu.

Sungguh sedekah itu sangat luas cakupannya. Janganlah takut untuk bersedekah, karena sedekah itu tidak akan mengurangi harta benda kita. Malah harta benda kita akan terjaga dan atas izin Allah akan terus berlipat ganda.

Wallahu a’lam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *