KMA 183 Tahun 2019 Mulai Berlaku, Lihat Buku Bahasa Arab MTs Di Sini

Buku Bahasa Arab MTs untuk KMA 183 tahun 2019

Buku digital madrasah edisi tahun 2019 khususnya buku bahasa Arab MTs ini materinya telah disesuaikan dengan KMA Nomor 183 tahun 2019

Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia akan menerapkan kurikulum 2013 menurut Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Sebenarnya kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada KMA 183 tahun 2019 ini tidak jauh berbeda dengan KMA 165 tahun 2014. KMA baru hanya menyesuaikan isi materi pembelajaran dengan perkembangan saat ini.

Permasalahan yang muncul karena perubahan aturan adalah belum tersedianya buku paket siswa. Pembelajaran tidak berjalan efektif jika buku paket siswa belum tersedia, kecuali jika guru-guru yang mengajar di dalam kelas mampu menyediakan media pembelajaran yang memudahkan siswanya. Sayangnya, guru-guru kita belum sepenuhnya mampu menyiapkan media pembelajaran atau menyusun modul mata pelajaran yang diampunya.

Hadirnya buku digital madrasah sangat membantu bagi para guru dan siswa untuk menjalankan proses pembelajaran. Meskipun buku digital madrasah yang tersedia di sini baru bersifat uji publik dan draf yang belum baku, untuk sementara buku ini bisa dijadikan pegangan bagi siswa. Apalagi tahun ajaran baru 2020/2021 sudah di depan mata.

Buku digital madrasah ini dapat diunduh oleh siswa dan disimpannya di dalam laptop atau gadget siswa. Kita tahu bahwa saat ini pembelajaran belum berlangsung normal akibat wabah pandemi yang menyerang seluruh dunia. Buku digital madrasah ini sangat cocok dipakai siswa selama pembelajaran secara daring.

Bagi yang memerlukan buku digital madrasah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab yang sesuai dengan KMA 183 tahun 2019, silakan download buku-bukunya di bawah ini. Namun perlu saya tegaskan di sini bahwa saya hanya mengunggah buku Bahasa Arab saja. Jika perlu buku-buku lainnya, silakan kunjungi situs ini.

Buku Bahasa Arab MTs

Sebagai guru bahasa Arab, saya menyambut baik buku digital madrasah ini, khususnya buku-buku bahasa Arab MTs. Ada beberapa materi yang berubah pada KMA 183 ini.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Mubtada dan Khabar Beserta Contoh-contohnya

Materi-materi tersebut sebenarnya sudah pernah ada pada tahun-tahun terdahulu. Misalnya saja materi tentang “Al-Hiwayah” atau tentang hobi pada kelas VIII. Pada KMA 183 ini materi tersebut dihadirkan kembali.

Sedangkan kelas VII dan kelas IX materi pelajaran bahasa Arab-nya juga tidak mengalami perubahan yang signifikan. Materi-materi pembelajaran tersebut insya Allah akan mampu dikuasai dengan baik oleh para siswa.

Apa kelebihan KMA 183 tahun 2019 ini khususnya pelajaran Bahasa Arab? Kelebihannya adalah pada penempatan Kompetensi Dasar atau KD yang lebih sistematis dan jelas. Artinya setiap KD memiliki pasangannya masing-masing yang disesuaikan dengan ke-empat maharah dalam pelajaran Bahasa Arab.

Contohnya jika KD 3.1 maka ada pasangannya pada KD 4.1, begitu juga KD 3.2 pasangannya pada KD 4.2 dan seterusnya. Hal ini lebih memudahkan bagi guru dalam penyusunan RPP dibandingkan dengan KD yang ada pada KMA 165 tahun 2014.

Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *