Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Keutamaan surat Al-Kahfi

Salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan adalah surat Al-Kahfi. Ada banyak sekali keutamaan bagi seseorang yang membaca surat Al-Kahfi.

Di dalam Al-Quran, surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 yang terdiri atas 110 ayat dan diturunkan di Mekkah (surat Al-Makkiyah). Al-Kahfi artinya gua, dan sering juga disebut ashhabul kahfi yang artinya penghuni-penghuni gua.

Kandungan Surat Al-Kahfi

Ada beberapa kandungan di dalam surat Al-Kahfi, antara lain:

a. Keimanan

Di dalam surat ini ditunjukkan kekuasaan Allah SWT untuk memberi daya hidup pada manusia di luar hukum kebiasaan; dasar-dasar tauhid serta keadilan Allah SWT tidak akan berubah untuk selama-lamanya; kalimat-kalimat Allah (ilmu-Nya) amat luas sekali, meliputi segala sesuatu, sehingga manusia tidak mampu untuk menulisnya. Kepastian datangnya hari kebangkitan; Al-Quran adalah kitab suci yang isinya bersih dari kekacauan dan kepalsuan.

b. Hukum-hukum

Berisi tentang hukum-hukum seperti hukum wakilah; larangan membangun tempat ibadah di atas kubur; hukum membaca insya Allah; perbuatan salah yang dilakukan karena lupa dimaafkan; kebolehan merusak suatu barang untuk menghindarkan bahaya yang lebih besar.

c. Kisah-kisah

Mengisahkan tentang Ashabul Kahfi; kisah dua orang laki-laki (si kafir dan si mukmin); kisah Nabi Musa AS dengan Nabi Khidir AS; kisah Zulkarnain dengan Ya’juj dan Ma’juj.

Baca Juga: Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Yasin

Keutamaan Surat Al-Kahfi

Banyak sekali keutamaan dari membaca Surat Al-Kahfi. Jika dibaca pada malam dan siang hari Jumat, maka pembacanya diberi cahaya yang dapat meneranginya di antara kedua Jumat. Hal ini berdasarkan dari sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri bahwa Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ اَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْن

Artinya: “Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan diberi cahaya yang dapat meneranginya di antara kedua Jumat. (HR. Nasa’i, Baihaqi, dan Al-Hakim)

Pembiasaan membaca Surat Al-Kahfi juga akan diganjar pada hari kiamat dengan pancaran cahaya di kakinya, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antar dua Jumat.

Sebuah hadits yang didapatkan dari Ibnu Umar RA bahwa Nabi SAW bersabda:

ُمَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَة سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتَ قَدَمِهِ اِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ يُضِيْءُ لَه يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغَفَرَلَه مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْن

Artinya: “Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit, dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosanya yang terdapat di antara dua Jumat.” (HR Ibnu Mardawaih)

Nabi SAW juga bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْف كَمَا أُنْزِِلَتْ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَة مِنْ مَقَامِهِ اِلَى مَكَّة

Artinya: “Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka pembacaan itu menjadi cahaya baginya di hari kiamat sejauh tempatnya berdiri hingga Mekkah.” (HR. Al-Hakim)

Keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak sekali. Tidak hanya Surat Al-Kahfi saja yang diganjar dengan keutamaan-keutamaan. Ada surat-surat lainnya dalam Al-Quran yang menyimpan rahasia dan kuasa Allah SWT. Kita tidak tahu bagaimana rahasia Allah terjadi. Sebagai makhluk-Nya, kita wajib beriman kepada kitab-Nya. Wallahu a’lam bishshawab!

Sumber dari Majmu’ Syarif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *