Keutamaan membaca bismillah

Kamu Harus Tahu! Inilah Keutamaan Membaca Bismillah

Sebagai umat Muslim, kamu harus tahu bahwa ada banyak keutamaan saat kamu membaca bismillah. Ternyata kalimah bismillahirrahmanirrahim memiliki banyak keutamaan, meskipun ada yang tidak mengetahui keutamaannya, bahkan kadang-kadang kita sering menyepelekannya. Padahal jika bismillahirrahmanirrahim ini benar-benar kita amalkan, maka kita akan memperoleh pahala yang besar. Jika seseorang menyebutnya, niscaya ia akan memperoleh seluruh cita-citanya.

Inilah kalimat yang pada zaman dahulu, Nabi Nuh telah bertawassul dengannya. Dan telah berkata Ratu Balqis: “Wahai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dikirimkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu berasal dari Nabi Sulaiman dan isinya adalah kalimat bismillah. Dan tidaklah Nabi Sulaiman membacanya, melainkan tunduklah sesuatu kepadanya.

Mengenai keutamaan membaca bismillah, an-Nasafi telah menyebutkan dalam kitab tafsirnya bahwa kitab-kitab yang diturunkan dari langit ke bumi ada 104 buah. Nabi Syits mendapatkan enam puluh suhuf; Ibrahim tiga puluh; Musa sepuluh (sebelum Taurat); lalu ada Taurat, Zabur, Injil, dan Furqan. Maka semua makna kitab tersebut terkumpul di dalam al-Quran. Dan semua makna al-Quran terkumpul di dalam surat al-Fatihah. Selanjutya makna al-Fatihah itu ada di kalimat basmalah. Lalu makna basmalah itu sendiri terkumpul pada huruf ba, yang bermkna “Karena Aku-lah semua yang sudah ada dan yang akan ada.”

Oleh sebagian ulama menambahkan bahwa makna ba terkumpul pada titikya. Titik inilah yang menunjukkan kepada tunggal dan tiada berbilang. Dia-lah Yang Esa, tiada bandingan-Nya. Dan jumlah huruf basmalah itu ada sembilan belas huruf, sedangkan jumlah penjaga neraka pun ada sembilan belas malaikat.

Baca Juga: Keutamaan Surat al-Kahfi

Maka, Ibnu Mas’ud berkata: “Barangsiapa yang ingin diselamatkan oleh Allah dari Malaikat Zabaniyah (penjaga neraka), maka hendaklah ia membacanya, supaya setiap satu hurufnya dapat menjadi perisainya dan melindunginya dari satu malaikat zabaniyah tersebut.” Itulah salah satu keutamaan membaca bismillah. Ia akan menjadi tameng bagi kita dari ancaman penjaga neraka.

Keutamaan membaca bismillah selanjutnya adalah sebagaimana dalam riwayat Abu Bakar al-Warraq. Beliau berkata: “Bismillahirrahmanirrahim merupakan satu taman dari taman-taman surga. Dan setiap hurufnya memiliki tafsir tersendiri.”

Orang tidak akan masuk surga kecuali dengan surat jalan yang berbunyi: “Bismillahirrahmanirrahim, ini surat dari Allah untuk fulan bin fulan, masukkanlah ia oleh kalian ke dalam surga yang tinggi yang pohon buah-buahannya mudah dipetik.” Ini adalah salah satu kisah dalam riwayat at-Tabrani.

Dan dalam riwayat lainnya, apabila ahli surga telah masuk ke dalamnya, mereka mengatakan: “Bismillahirrahmanirrahim, segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami, dan telah memberi kepada kami tempat ini, sedang kami diperkenankan menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.” Dan apabila ahli neraka telah masuk ke dalamnya, mereka mengatakan: “Bismillahirrahmanirrahim, Tuhan kami tidak menganiaya kami tetapi kami sendirilah yang telah menganiaya diri kami.”

Kisah Nabi saat Isra Mi’raj mengenai keutamaan membaca bismillah

Betapa pentingnya keutamaan membaca bismillah yang perlu kamu tahu. Bahkan saat Nabi Muhammad melakukan perjalanan isra ke langit, Allah memperlihatkan seluruh surga kepada Nabi. Di dalamnya ada empat macam sungai. Satu sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya; satu sungai lagi dari susu yang tidak berubah rasanya; sungai lain dari arak yang lezat rasanya; dan sungai terakhir dari madu yang jernih.

Nabi bertanya kepada Jibril, “Dari mana sungai-sungai ini datang dan ke mana perginya?”

Jibril menjawab, “Perginya ke telaga Kautsar, dan saya tidak tahu dari mana datangnya. Mohonlah kepada Allah supaya Dia memperlihatkannya kepadamu.”

Maka beliau pun berdoa kepada Tuhannya. Lalu datanglah seorang malaikat seraya memberi salam kepada beliau, kemudian malaikat itu berkata, “Ya Muhammad, pejamkan matamu.”

Rasulullah pun memejamkan matanya. Lalu malaikat itu menyuruh Nabi untuk membuka matanya. Tiba-tiba Nabi berada di sebuah pohon besar. Nabi melihat sebuah kubah terbuat dari mutiara putih. Kubah itu memiliki daun pintu yang terbuat dari emas kuning, yang seandainya seluruh manusia dan jin yang ada di dunia berdiri di atas kubah tersebut, maka mereka itu hanya seperti seekor burung yang bertengger di atas sebuah gunung, atau seperti sebuah bola yang dilemparkan ke lautan.

Ternyata keempat sungai tadi mengalir dari bahwa kubah tersebut. Saat Nabi hendak berbalik, malaikat tadi berkata, “Kenapa Anda tidak masuk ke dalam kubah itu?” Nabi menjawab, “Bagaimana saya masuk ke dalamnya sedangkan di pintu itu ada gembok emas dan saya tidak tahu cara membukanya.”

Malaikat itu berkata, “Kuncinya berada di tangan Tuan.” Nabi bertanya, “Mana kuncinya?” Malaikat itu pun menjawab, “Kuncinya adalah bismillahirrahmanirrahim.”

Baca Juga: 6 Hal yang Menjadi Penyebab Mandi Wajib

Setelah itu Nabi mendekati gembok itu dan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim. Lalu terbukalah gembok itu dan Nabi pun masuk ke dalam kubah tersebut. Ketika beliau keluar, malaikat tadi bertanya, “Apakah Anda sudah melihatnya, wahai Muhammad?” Nabi menjawab, “Saya sudah melihatnya.”

Malaikat itu berkata kembali, “Coba lihat sekali lagi!” Ketika Nabi melihat lagi, ternyata pada keempat tiang itu tertulis kalimat bismillahirrahamnanirrahim. Nabi melihat sungai air mengalir dari huruf mim pada kata bismi, sungai susu mengalir dari huruf ha pada kata Allah, sungai arak keluar dari huruf mim pada kata arrahman, dan sungai madu mengalir dari huruf mim pada kata arrahim.

Maka Nabi baru menyadari bahwa keempat sungai di surga berasal dari kalimah basmalah. Allah berfirman yang artinya: “Ya Muhammad, barangsiapa di antara umatmu menyebut-Ku dengan asma ini, dan mengucapkan dengan hati yang tulus kalimah bismillahirrahmanirrahim, niscaya Aku beri ia minum dari keempat sungai itu.”

Itulah beberapa keutamaan membaca bisillah. Kalimah bismillahirrahmanirrahim ternyata bukanlah kalimah biasa. Meskipun kalimah ini sering dijumpai di mana pun, tapi banyak umat Muslim tidak menyadari tentang keutamaan membaca bismillah ini. Marilah kita mengamalkan kalimah ini dengan niat tulus ikhlas dan mencari keridhaan dari Allah. []

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top