Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Yasin

keutamaan surat Yasin
Diperbarui pada tanggal 14 April 2020

Bagi seorang Muslim, membaca surat Yasin diyakini banyak memiliki keutamaan dan khasiatnya. Setiap malam jumat sering kali orang-orang membaca surat Yasin baik secara individu maupun berjamaah. Surat Yasin memiliki banyak sekali keutamaan (fadhilah) dan khasiatnya.

Di dalam Al-Quran, surat Yasin merupakan surat yang ke-36, terdiri atas 83 ayat, termasuk ke dalam surat-surat Makkiyah. Dinamai surat Yasin karena dimulai dengan huruf “Ya” dan huruf “Sin” pada ayat pertamanya.

Ada beberapa masalah pokok yang terdapat dalam surat Yasin, yaitu masalah keimanan. Diterangkan dalam surat Yasin tentang bukti-bukti adanya hari kebangkitan, penegasan bahwa Al-Quran itu bukan syair, masalah ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah. Selanjutnya masalah surga dan sifat-sifatnya yang disediakan bagi orang-orang mukmin. Selanjutnya ada juga kisah tentang utusan-utusan Nabi Isa. Dan banyak lagi masalah pokok yang terkandung di dalamnya.

Apa Saja Keutamaan Membaca Surat Yasin?

Surat Yasin merupakan jantung Al-Quran sehingga mempunyai banyak keutamaan dan khasiat. Sehingga banyak umat Muslim yang membaca dan mengamalkannya. Adapun keutamaan-keutamaan membaca surat Yasin adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah keluarnya ruh

Ketika ada seseorang yang sedang sekarat dan akan menghadapi sakratul mautnya, maka dianjurkan untuk membaca surat Yasin. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan mempercepat keluarnya ruh.

Rasulullah pernah bersabda:

ْاِقْرَءُوْا يس عَلى مَوْتَاكُم

Artinya: “Bacakanlah untuk orang (yang akan) mati surat Yasin”. (HR. Imam Abu Dawud)

2. Pahalanya seperti membaca Al-Quran 10 kali

Dengan membaca surat Yasin, maka akan diganjar pahalanya sama seperti orang yang membaca Al-Quran 10 kali. Hal ini pernah diriwayatkan dari Anas ra. Ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:

ٍاِنَّ لِكُلِّ شَيْئٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآن يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآن عَشْرَ مَرَّات

Artinya: “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung hatinya, sedangkan jantung hati Al-Quran adalah surat Yasin. Barangsiapa membaca surat Yasin, maka Allah menetapkan baginya seperti membaca Al-Quran sepuluh kali.”

3. Dapat memberi syafaat

Bagi orang yang membaca surat Yasin akan mendapatkan syafaat, dan bagi orang yang mendengarnya akan mendapatkan ampunan. Selain itu orang yang membaca dan mendengarnya juga akan mendapatkan kebaikan di dunia, hilang ketakutan di hari kiamat.

Dari Aisyah ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Bahwasanya di dalam Al-Quran itu ada satu surat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya dan memberi ampunan bagi pendengarnya, yaitu surat Yasin yang di dalam Taurat dinamakan Al-Mu’ammah. Ditanyakan: Ya Rasulullah, apakah Al-Mu’ammah itu? Beliau bersabda: Yang menjadi penyebab bagi orang-orang yang membaca dan mendengar mendapatkan kebaikan di dunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat. Dan surat Yasin juga disebut dengan Ad-Dafi’ah dan Al-Qadiyah. Ditanyakan oleh sahabat: Ya Rasulullah, mengapa demikian? Beliau bersabda: Karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkan segala hajatnya bagi orang yang membacanya.”

Baca Juga: Pengertian dan Pembagian Tashrif

4. Meringankan siksa kubur

Dari Anas ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ٌمَنْ دَخَلَ الْمَقْبَرَةَ فَقَرَأَ سُوْرَة يس خُفِّفَ الْعَذَابُ عَنْ اَهْلِهَا ذَلِكَ الْيَوْم وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَات

Artinya: “Barangsiapa masuk ke pekuburan lalu membaca surat Yasin, maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada di dalamnya.”

5. Mendapatkan ampunan jika dibaca pada malam Jumat

Umat Muslim sering membaca surat Yasin setiap malam Jumat untuk mendapatkan ampunan. Hal ini sebagaimana termaktub dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda:

ُمَنْ قَرَأَ سُوْرَة يس لَيْلَةَ الْجُمْعَة اَصْبَحَ مَغْفُوْرًا لَه

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Yasin pada malam Jumat, maka paginya mendapatkan ampunan.”

Baca Juga: Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

6. Memperoleh kemudahan

Jika seseorang mendapatkan kesulitan dalam melakukan segala sesuatu, maka membaca surat Yasin akan memudahkan urusan tersebut.

Disebutkan dalam hadits Ad-Darimi dari Syahr bin Hausab, ia berkata: Ibnu Abbas berkata:

َمَنْ قَرَأَ يس حِيْنَ يُصْبِحُ اُعْطِيَ يُسْرَ يَوْمِهِ حَتَّى يُمْسِيَ وَمَنْ قَرَأَهَا فِي صَدْرِ لَيْلِهِ اُعْطِيَ يُسْر لَيْلِهِ حَتَّى يُصْبِح

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin di waktu pagi, maka akan mendapatkan kemudahan di hari itu hingga sore. Dan barangsiapa yang membacanya di permulaan malam, maka akan mendapat kemudahan pada malam itu sampai paginya.”

7. Mendatangkan berbagai hajat

Membaca wirid surat Yasin dapat mendatangkan berbagai hajat yang diinginkan. Ada beberapa faidah atau khasiat yang besar sekali untuk mendatangkan berbagai hajat dengan membaca wirid surat Yasin. Salah satu caranya yaitu dengan membaca surat Yasin 7 kali pada waktu selesai shalat Shubuh.

Amalan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Dalam membaca lafadh يس dibaca 7 kali
  • Jika sudah sampai pada ayat ( ِذَلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْم ) dibaca sebanyak 14 kali
  • Kalau sampai ( ٍسَلاَمٌ قَوْلاً مِنْ رَّبِّ رَّحِيْم ) dibaca sebanyak 7 kali
  • Dan pada ayat ( ُاَوَلَيْسَ الَّذِيْ ……. وَهُوَ الْخَلَّقُ الْعَلِيْم ) dibaca sebanyak 12 kali

Setelah rangkaian wirid Yasin selesai lalu membaca surat Al-Fatihah satu kali dan Basmalah satu kali. Kemudian memohon kepada Allah apa yang diinginkan. Insya Allah hajatnya yang baik cepat dikabulkan asal tidak untuk mencelakai orang lain.

Dari Abdullah bin Zubair, bahwa Nabi SAW bersabda:

ُمَنْ جَعَلَ يس اَمَامَ حَاجَتِهِ قُضِيَتْ لَه

Artinya: “Siapa yang menjadikan surat Yasin di permulaan hajatnya, maka hajatannya dikabulkan.”

8. Memperlancar rezeki

Jika surat Yasin dibaca di tengah malam sebanyak 4 kali, atau 35 kali secara rutin, maka khasiatnya dapat memperluas rezeki dan memperlancar datangnya rezeki. Begitu juga jika dibaca sebanyak 41 kali, maka hajatannya akan dikabulkan oleh Allah.

Nah, demikianlah di antara keutamaan surat Yasin dan juga khasiatnya. Tunggu apalagi? Mari kita perbanyak amalan dan bacaan surat Yasin kita. Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semuanya. Amin!

Kandungan isi dalam artikel ini bersumber dari Majmu’ Syarif terjemahan Drs. Abu Taufiqurrahman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *