Ingin Jadi Blogger, Tapi Bingung Mau Nulis Apa

Ingin jadi blogger

Sampai detik ini, saya masih berada di simpang bingung. Satu sisi saya ingin jadi blogger. Tapi bingung mau nulis apa? Sudah banyak blog saya buat. Tidak satu pun saya konsisten untuk melanjutkan blog saya.

Saya pernah mencoba blog dengan isi tulisannya tentang sejarah. Gagal karena saya mulai malas menulis tentang sejarah. Saya juga pernah membuat blog tentang pendidikan. Lagi-lagi gagal karena kurang konsisten dengan isu tersebut. Lalu saya beralih ke bidang sastra, ini pun tak berhasil. Pernah juga saya mereview film-film, ini lama bertahan, namun kandas juga akhirnya karena kebosanan. Terakhir, saya ingin membuat blog gado-gado. Bisa dipastikan ini juga tak mampu memantik semangat saya menjadi blogger.

Akhirnya saya terdampar di sini. Masih dengan semangat ingin jadi blogger, saya pun memilih untuk menjadi diri saya sendiri.

Blogger Atau WordPress?

Baiklah! Dengan penuh pendirian dan proses berpikir panjang, saya pun menetapkan kembali pilihan ingin jadi blogger. Pilihan ini pun membawa saya untuk memilih platform WordPress sebagai tempat saya menuangkan ide.

Oh ya! Sebelumnya saya telah berkali-kali menggunakan platform Blogger. Sejak tahun 2007 saya memakai Blogger walaupun di tahun 2003 saya pernah menggunakan jasa gratisan WordPress. Alasan saya memilih Blogger saat itu karena pertimbangan biaya. Maklumlah. Saat itu saya belum memiliki pekerjaan tetap.

Memakai Blogger memang terlihat sederhana. Tapi saya tidak pernah puas dengan tampilan dan fiturnya. Berkali-kali saya mengubah template dan mengutak-atik tampilannya. Bagi saya, sebuah blog tidak hanya konten tapi juga harus menarik. Pendapat saya ini tidak sebenarnya salah sih! Kalau tampilan menarik, pasti orang ingin berkunjung. Itulah yang terjadi pada blog film saya. Tampilannya keren dan isinya juga bagus.

Baru pada tahun 2020 ini, saya pun beralih ke WordPress. Dulu saya menjadikan blog untuk mencari uang, tapi sekarang saya ingin jadi blogger untuk kesenangan saja. Sebagai seorang guru ASN, saya memiliki kewajiban utama untuk mengajar. Tapi saya juga bisa berbagi ilmu dan informasi melalui blog. Nah, inilah salah satu alasan saya tetap ingin menjadi blogger.

Menjaga Semangat Agar Konsisten

Saya menghibur diri sendiri untuk konsisten menjadi seorang penulis blog. Oh ya, kebetulan saya memang suka menulis. Saya menulis apa saja. Tidak mesti harus menulis tentang satu tema. Sesuai mood, saya bebas memilih tema apa saja.

Bagaimana saya menjaga semangat agar konsisten dalam menulis? Saya butuh waktu luang untuk menulis. Seperti yang saya katakan, kewajiban utama saya adalah mengajar. Ketika saya memiliki sedikit waktu luang, saya mulai menyusun draft kasar tentang apa yang ingin saya tulis.

Ingin jadi blogger
Ilustrasi menulis blog, created by rawpixel.com – www.freepik.com

Mungkin Anda berpikir bahwa seorang guru memiliki banyak waktu luang. Ternyata tidak! Guru sekarang super sibuk. Selain mengajar guru harus menyelesaikan segala administrasi pembelajaran. Dan tentu juga menyelesaikan evaluasi penilaian super ribet. Itulah negara kita. Harap dimaklumi.

Pernah juga terjadi ketika saya memiliki waktu luang, namun ide atau gagasan untuk menulis mengalami jalan buntu. Tidak tahu apa yang harus ditulis. Jika ini berlanjut, memang agak berbahaya. Saya pun membuka situs web lain. Siapa tahu ada ide terlintas tiba-tiba.

Wajah Baru Blog Saya

Di sinilah saya sekarang. Blog baru saya dengan nama Hanasama saya harapkan menjadi penghibur dan pengisi waktu luang bagi saya. Blog ini berisi tentang curah gagasan dan buah pikiran saya pribadi. Saya hanya ingin berbagi ilmu dan informasi walaupun satu kalimat. Slogan ini saya gunakan untuk mempermanis judul blog saya.

Saya tidak berharap banyak dari blog baru saya. Maksudnya saya tidak menargetkan harus memiliki banyak pengunjung karena belum tentu blog saya ini memiliki nilai jual. Toh saya hanya sekadar menyalurkan hobi saya saja di sini.

Jadi harap maklum jika nanti ada tulisan saya agak ngawur, mohon diperbanyak maaf. Segala kesalahan itu berasal dari saya. Dan alangkah indahnya bagi pembaca dapat membantu saya dengan kritikan membangun.

Semoga Anda semua dapat menerima kehadiran saya.

Wassalamualaikum!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *