Honest Thief (2020) – Pengakuan Seorang Perampok Bank

Liam Neeson dalam Honest Thief (2020)

Apakah Anda pernah mendengar seorang perampok bank yang jujur? Barangkali Tom Dolan (Liam Neeson) adalah salah satunya. Dalam film Honest Thief (2020), Tom Dolan membuat pengakuan yang mengejutkan kepada agen-agen FBI.

9 tahun lamanya, sebuah kasus perampokan yang dilakukan oleh “Bandit Keluar Masuk” tidak berhasil dipecahkan. Itu menjadi salah satu PR terbesar para aparat kepolisian Amerika. Dan juga bagi para agen FBI. Tapi dalam setahun belakangan, publik Amerika tidak pernah lagi mendengar kasus perampokan bank yang dilakukan oleh “Bandit Keluar Masuk” yang tak lain adalah Tom Dolan sendiri.

Selama setahun itu pula benih-benih cinta Tom Dolan bersemi kepada seorang janda cerai bernama Annie Wilkins (Kate Walsh). Annie adalah seorang manajer penyewa jasa gudang kontainer. Di sanalah Tom Dolan menyimpan uang hasil perampokan 12 bank yang dilakukan selama 9 tahun.

Sejak bertemu Annie, hidup Tom berubah. Dia mulai menyadari segala kesalahannya. Dalam diri Annie, Tom menemukan hidupnya yang baru setelah sebelumnya seperti menghilang. Annie tidak mengetahui bahwa Tom adalah seorang perampok bank. Inilah yang menjadi beban bagi Tom. Jika Annie tahu tentang masa lalunya, pastilah Annie akan menolaknya.

Dalam film Honest Thief (2020) kita benar-benar akan bertemu dengan seorang perampok bank yang jujur. Keputusan Tom Dolan untuk menyerahkan diri semakin bulat. Ia ingin membuat kesepakatan dengan agen FBI, Samuel Baker (Robert Patrick) dan Sean Meyers (Jeffrey Donovan). Sayangnya, kedua agen ini malah menganggap pengakuan Tom Dolan adalah lelucon konyol. Sepanjang tahun ini, banyak sekali orang iseng yang mengaku “Bandit Keluar Masuk”.

Baca Juga: Mafia Inc (2019)

Tapi Tom Dolan tidak menyerah. Dia menghubungi kembali Baker dan memberikan alamatnya. Baker yang tak ingin dianggap agen konyol, menyerahkan kasus ini kepada juniornya, John Nivens (Jai Courtney) dan Ramon Hall (Anthony Ramos). Kedua agen ini sebenarnya pun malas mengambil kasus ini. Tapi apa boleh buat. Mereka harus patuh pada senior mereka.

Nivens dan Ramon pun menjumpai Tom Dolan. Mendengarkan kisahnya dengan tak serius. Untuk membuktikan kebenaran pengakuan Tom, mereka pun pergi ke gudang kontainer tempat Tom menyimpan uang hasil rampokannya. Mereka terkejut ketika menemukan uang yang masih utuh di sana. Tapi John Nivens menjadi gelap mata. Dia mengajak Ramon Hall untuk membawa uang ini ke tempat yang aman. Ramon Hall sebenarnya tidak ingin terlibat, tapi Nivens berhasil membujuknya. Lalu bagaimana dengan Tom? Mereka akan membuat laporan palsu.

Honest Thief (2020) semakin menarik untuk ditonton. Di sinilah konflik mulai terjadi. Tom pun menyadari bahwa dirinya akan dikelabui. Tapi Tom sebagai mantan marinir dan ahli dalam bahan peledak telah melakukan banyak rencana. Uang yang diambil oleh Nivens dan Ramon hanyalah sepertiganya saja. Dia pun mengulur waktu saat Nivens dan Ramon mengancam hidupnya. Dia akan segera memberitahukan sisa uang tersebut. Tapi tiba-tiba Samuel Baker muncul di kamar hotel yang disewa Tom. Dia pun mati tertembak oleh keserakahan Nivens.

Alur selanjutnya dalam Honest Thief (2020) dapatlah kita tebak. Kematian Baker pasti dilimpahkan kepada Tom yang segera melarikan diri dari Nivens. Tapi pada saat yang bersamaan, Annie muncul. Lalu Tom mengajak Annie untuk melarikan diri. Di sinilah Tom Dolan menceritakan kisah masa lalunya kepada Annie. Dan karena beberapa alasan, Tom kembali bisa meyakinkan Annie bahwa dirinya telah berubah.

Selanjutnya Tom dan Annie berjuang untuk membersihkan nama baik Tom Dolan. Rekan Samue Baker, Sean Meyers melihat ada yang tak beres terhadap kematian rekannya itu. Satu sisi dia marah kepada Tom karena dialah penyebab kematian Baker. Namun di sisi lain, Meyers mulai mencurigai keterlibatan Nivens dan Ramon.

Kecurigaan Meyers akhirnya terjawab. Tom Dolan berhasil meyakinkan Meyers tentang kasus yang melibatkan dirinya. Bersama-sama mereka akhirnya mencoba untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi. Untuk mengungkapkan kebenaran tentunya perlu korban yang harus mati. Ramon Hall mengalami kematian itu karena perbuatan buruknya ini selalu menghantui dirinya.

Tapi kematian Ramon yang tulus membuahkan hasil. John Nivens berhasil ditangkap oleh FBI dan Tom Dolan memiliki kesepakatan baru bersama Sean Meyers.

Tinggalkan Balasan