Jailbreak Pact

Harapan Tidak Bisa Dikunci – Jailbreak Pact (2020)

Kisah nyata ini tertuang dalam film Jailbreak Pact arahan David Albala. Pacto de Fuga atau Pakta untuk Melarikan Diri dirancang oleh Rafael Jimenez (Roberto Farias) dan kawan-kawannya, seperti Leon Vargas (Benjamin Vicuna), Velasquez (Eusebio Arenas), dan German Sanchez (Victor Montero).

Para tahanan ini dihukum karena dianggap membelot dan menentang kediktatoran Chili, Jendral Augusto Pinochet. Ada ratusan tahanan politik yang berada di penjara umum Chili itu. Para tahanan ini dilabeli teroris sehingga perlu dipisahkan dari narapidana kriminal lain. Kejahatan mereka dianggap tidak sama, bahkan beberapa di antara mereka harus dihukum mati.

Sebuah ideologi memang mahal harganya. Siapa pun siap mempertaruhkan nyawa mereka untuk mempertahankan ideologi tersebut. Dalam Jailbreak Pact, para tahanan ini sangat menentang ideologi Pinochet yang membelenggu kebebasan dan kemerdekaan rakyatnya.

Bagi Jimenez dan kawan-kawan, tidak ada cara lain untuk lepas dari belenggu Pinochet selain harus melarikan diri. Di antara para tahanan itu ada seorang insinyur, Velasquez yang telah menghitung jarak terowongan dengan kamar sel terdekat yang ditempati. Ya, mereka nekad ingin menggali terowongan bawah tanah yang jaraknya lumayan jauh.

Maka disepakatilah sebuah pakta yang tak tertulis atau dinamakan juga dengan istilah Pakta untuk Melarikan Diri di antara mereka.

Baca Juga: Target Number One yang Salah Tangkap

Mereka membagi diri ke dalam beberapa kelompok. Untuk meghindari kecurigaan para sipir penjara, kegiatan menggali terowongan dilakukan di siang hari saat para narapidana berkumpul di lapangan. Dua orang secara bergantian akan menggali, dan beberapa orang lainnya membuang tanah galian tersebut ke atas loteng. Untuk menutupi bekas galian dan bekas pahatan di atap loteng beton, mereka menambal dengan campuran telur dan tepung.

Usaha menggali terowongan tidak serta merta berjalan dengan mulus. Saat tiba-tiba ada pemeriksaan mendadak, beberapa tahanan politik berusaha menahan para sipir untuk tidak langsung masuk ke dalam sel mereka. Bahkan beberapa di antara mereka rela dimasukkan ke sel isolasi atau membiarkan tubuh mereka menjadi samsak hidup bagi para sipir. Sungguh pengorbanan yang tidak terkira.

Jailbreak Pact mengajarkan kita tentang pengorbanan, kesabaran, dan kesetiakawanan. Para tahanan politik itu dengan penuh kesabaran terus menggali terowongan itu. Bahkan beberapa tahanan lain tidak pernah mengetahui rencana itu. Kecurigaan tahanan lain pun berhasil ditutupi dengan sempurna.

Untuk menghilangkan jejak penggalian, mereka harus berbaur dan beraktifitas seperti biasa. Mereka harus membersihkan tubuh mereka sebaik mungkin, dan setiap detil kotoran yang melekat harus dihilangkan. Jika salah satu dari mereka dapat mengundang kecurigaan narapidana lain atau sipir penjara, maka pakta itu akan sia-sia.

Selama 18 bulan mereka berhasil menggali terowongan tersebut. Pada malam yang telah ditentukan, saat para narapidana dan sipir penjara terbuai dengan tontonan malam di sebuah televisi tua, sebanyak 49 tahanan berhasil melarikan diri lewat terowongan yang mereka gali.

Ke 49 tahanan itu dapat menghirup udara bebas. Beberapa di antara mereka berhasil melewati perbatasan, sebagian lagi terus berjuang untuk menggulingkan Pinochet.

Jailbreak Pact adalah film kisah nyata tentang bagaimana kediktatoran akan terus dilawan dengan pengorbanan yang tidak akan berhenti. Karena masih ada harapan di sana. Ingatlah! Harapan tidak akan pernah bisa dikunci oleh belenggu penjara sekali pun.

Bienvenida a la libertad

Tinggalkan Balasan