Harami The Bastard (2020)

Harami (2020) – The Bastard From India

Harami The Bastard (2020) adalah film India yang mengisahkan tentang seorang remaja pencopet. Remaja ini dipanggil oleh gengnya sebagai “Lima-Lima” atau Pachpan (Rizwan Shaikh).

Film arahan Shyam Madiraju ini mengangkat tema tentang anak-anak yatim, kemiskinan, kondisi sosial masyarakat, kekerasan, dan romantisme. Dalam hal romantisme, kita bisa menyaksikan pengorbanan Pachpan terhadap gadis yang disukainya, Isha (Diksha Nisha).

Film Harami The Bastard (2020) adalah kritik sosial terhadap kegagalan pemerintah dalam mengelola anak-anak terlantar. Hal ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang seperti Sagar Bhai (Emraan Hashmi) yang menampung anak-anak ini untuk diajarkan cara mencopet. Setiap anak mendapatkan kode dan sebutan masing-masing, seperti Lima-Lima, Delapan-Enam, Lima-Enam, dan lain-lain.

Sagar Bhai sejatinya adalah seorang guru bahasa Inggris. Tapi nasib malangnya membuat dia memilih jalan hitam. Dia merekrut anak-anak jalanan untuk menghasilkan uang dengan jalan haram. Untuk memuluskan pekerjaannya, ia menyuap petugas polisi. Karena itulah dia tidak pernah tertangkap.

Pachpan atau Lima-Lima adalah anak kesayangan Sagar Bhai. Ia mampu menghasilkan banyak uang untuk majikannya. Atas prestasinya, ia mendapat perlakuan khusus. Namun siapa yang menyangka, di balik “kebajingan” Pachpan ternyata menyimpan belas kasih sayang. Ia semacam tidak tega terhadap korbannya. Sebab itulah ia kerap mengikuti korbannya hingga ke rumahnya. Dan ia juga sering menyaksikan bagaimana wajah para korbannya merasa sedih dan marah karena kehilangan harta benda mereka. Selain itu Pachpan juga mengumpulkan identitas para korbannya. Ia berangan-angan untuk memiliki kartu identitas sendiri dengan nama yang tertera di sana. Ia pun membayangkan siapa nama aslinya.

Suatu hari, Pachpan dan kawan-kawannya berhasil mencopet uang yang sangat banyak dari seorang laki-laki paruh baya. Seperti biasa, Pachpan mengikuti korbannya hingga ke tempat tinggalnya. Ia melihat langsung wajah sedih lelaki itu. Ia juga melihat dua gadis remaja yang tampak sedih. Pachpan terpana melihat gadis remaja itu. Dia pun jatuh cinta seketika.

Keesokan harinya, saat Pachpan dan gengnya beroperasi, seorang laki-laki paruh baya melompat ke atas rel kereta api. Lelaki itu meninggal seketika. Betapa terkejutnya Pachpan, karena laki-laki itu adalah ayah si gadis yang membuatnya jatuh cinta. Ia merasa sedih dan iba. Kini kedua gadis itu pastilah menjadi yatim. Ia teringat pada dirinya. Dan mungkin nasib buruk akan menimpa mereka.

Sebagai bentuk rasa bersalahnya, ia mendekati kedua gadis tersebut. Ia rela tinggal di sebuah kamar tepat di depan rusunawa sang gadis. Isha, sang gadis tersebut merasa tidak perlu mendapatkan belas kasih dari siapa pun. Tapi hidup harus terus berlanjut. Asha, adik Isha lebih realistis. Ia menerima niat baik Pachpan.

Baca Juga:

Selanjutnya, film Harami The Bastard (2020) bercerita tentang kisah percintaan Isha dan Pachpan. Tapi kisah percintaan tetap ada penghalangnya. Ketika gengnya mengetahui Pachpan telah berubah, mereka pun mengadu kepada Sagar Bhai. Pachpan mulai tidak nyaman dengan kondisinya saat itu. Tekanan dari Sagar Bhai dan identitas aslinya yang hampir diketahui Isha, membuat Pachpan bertambah galau.

Nasib dan takdir Pachpan sebagai anak jalanan dan dikendalikan oleh sang majikan adalah kisah sedih yang kerap dijumpai di kota-kota besar. Kisah ini yang dalam Harami The Bastard (2020) agak identik dengan kisah Oliver Twist. Tapi Pachpan berbeda. Ia berusaha melawan nasib dan takdirnya dengan ketulusan cintanya. Terlepas dari rasa bersalah terhadap Isha karena telah mencopet uang maharnya, Pachpan mengajarkan kepada kita bahwa uang bukanlah tujuan akhir dalam kehidupan. Pachpan rela menghabiskan uang hasil copetannya untuk menebus utang Isha.

Pengorbanan Pachpan dan kasih sayang Isha akhirnya mengantarkan Pachpan sebagai remaja yang bebas. Ia sempat masuk penjara karena jebakan yang dibuat oleh gengnya sendiri untuk mengenyahkannya. Namun nasib baik masih berpihak kepada Pachpan. Seorang pengacara misterius membebaskannya dari segala tuduhan.

Lalu bagaimana nasib Pachpan selanjutnya setelah menjadi orang bebas? Akankah Sagar Bhai melepaskannya? Bagaimana pula kisah percintaannya dengan Isha?

Film Harami The Bastard (2020) sangat menarik untuk kamu tonton. Awalnya memang sedikit membosankan, namun kisah demi kisah tentang Pachpan menjadikan film ini terasa berbeda. []

Tinggalkan Balasan