Greenland (2020) – Bunker Pelindung dari Ancaman Meteor

Salah satu adegan film Greenland (2020)

Greenland (2020) merupakan film survival dari bencana yang mematikan. Adalah John Garrity (Gerard Butler) harus berjuang untuk menyelamatkan keluarganya dari ancaman kematian. Tapi upaya itu tidaklah mudah.

Dalam film Greenland (2020) ini, sang sutradara Ric Roman Waugh berusaha menggambarkan ancaman meteor Clarke yang akan memusnahkan dunia ini. Meteor-meteor yang menyebabkan kiamat ini pernah terjadi jutaan tahun sebelumnya yang menyebabkan dinosaurus punah.

Kembali kepada John Garrity. Sebagai seorang arsitek perancang bangunan, John sangat disibukkan dengan pekerjaannya. Hubungannya dengan sang istri, Allison (Morena Baccarin) pun mengalami masa surut. Mereka telah pisah rancang. Tapi kehadiran Nathan Garrity (Roger Dale Floyd) seakan menjadi perekat bagi hubungan mereka yang renggang.

Baca Juga: Honest Thief (2019) – Pengakuan Seorang Perampok Bank

Meteor-meteor Clarke akan menghantam bumi dalam waktu dekat. Berita yang menyiarkan siaran langsung jatuhnya meteor di belahan bumi lain membuat ciut penduduk Amerika. Tapi NASA berkali-kali menegaskan bahwa meteor itu tidak akan menghantam negara mereka. Meskipun demikian, NASA mengingatkan agar masyarakat tetap waspada.

Di langit-langit Amerika, cahaya kemerahan yang menunjukkan bahwa meteor kian dekat, puluhan pesawat penumpang terbang melintasi langit yang mulai memerah itu. Entah ke mana tujuan pesawat itu. John dan Nathan tidak mengetahuinya.

Tiba-tiba ponsel John menerima pesan darurat yang disinyalir berasal dari istana keprisedenan. Pesan darurat itu menginformasikan bahwa si penerima pesan telah terpilih untuk diterbangkan ke tempat yang lebih aman. John dan keluarganya menjadi bagian dari masyarakat yang terpilih. Melihat situasi yang semakin mencekam, John mengajak Allison dan Nathan untuk segera menyiapkan keperluan darurat. Mereka harus segera tiba di bandara sebelum tengah malam. Karena pesawat yang akan membawa mereka akan terbang pada jam tersebut.

Beberapa penggalan film Greenland (2020) ini berlanjut. Keluarga John membawa pakaian alakadarnya dan yang tak boleh dilupakan adalah obat untuk Nathan. Dia mengidap diabetes dan harus diberi insulin dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Unhinged (2020) – Amarah Jalanan yang Bisa Menimpa Siapa Saja

Perjalanan menuju ke bandara tidaklah mudah. Di jalanan banyak terjadi kekacauan. Penjarahan dan perampokan tidak terelakkan. Jalan raya pun agak macet. Dan setiba di pintu gerbang bandara, orang-orang sudah mulai berkumpul. Mereka mendapat informasi bahwa hanya orang-orang pilihan yang akan diterbangkan ke tempat yang lebih aman. Namun, mereka yang tidak terpilih ini pun ingin diterbangkan.

John dan keluarganya menunjukkan pesan darurat itu kepada petugas. Mereka semua diizinkan masuk tanpa hambatan. Mereka dapat bernafas lega. Saat ingin menaiki pesawat, petugas melarang mereka membawa banyak barang. John dan Allison memilih dan memilah yang diperlukan. Tapi betapa terkejutnya mereka karena tidak menemukan obat milik Nathan.

Di sinilah film Greenland (2020) semakin seru. Di saat sedang darurat dan harus berjuang dengan waktu, John terpaksa kembali ke mobil untuk melihat obat anaknya. Allison dan Nathan tinggal berdua di bandara. Sialnya bagi Allison. Dia sempat mengutarakan kondisi anaknya kepada petugas. Ketika tahu ada seorang calon penumpang yang menderita sakit kronis, petugas mengamankannya. Ya, syarat untuk terbang ke tempat yang aman adalah tidak mengidap penyakit kronis.

Keadaan menjadi kacau ketika ratusan orang yang tidak memiliki izin terbang menyerbu bandara. John yang sudah berada di dalam pesawat melihat kekacauan itu. Tentara pun terpaksa mengambil tindakan tegas. John pun panik apalagi Allison dan Nathan tidak berada bersamanya. Beberapa pesawat meledak. John berhasil melarikan diri dari kekacauan tersebut. Allison dan Nathan telah lebih dulu meninggalkan lokasi bandara. Karena tidak diizinkan terbang, mereka berdua terpaksa kembali. Tujuan mereka adalah ke rumah orang tua Allison.

Kini mereka berpisah. John terus mencari Allison dan Nathan. Ia tahu harus ke mana karena mereka telah meninggalkan pesan di mobil John. Saat menuju ke rumah orang tua Allison, John menumpang sebuah mobil. Di sana terdapat beberapa orang yang ingin menuju Kanada. Salah seorang penumpang mengatakan bahwa salah satu tempat yang paling aman untuk menghindari kiamat ini adalah Greenland. Nah, ke sanalah pemerintah menerbangkan orang-orang terpilih seperti John.

Ia pun bertekad untuk pergi ke Greenland. Tapi terlebih dahulu dia harus menemukan Allison dan Nathan. Tapi lagi-lagi usaha untuk itu tidaklah mudah. Apalagi Allison dan Nathan juga terpisah. Nathan diculik oleh pasangan suami istri yang mengizinkan mereka menumpang bersama suami istri itu.

Film Greenland (2020) di beberapa bagian tertentu cukup menegangkan. Perjalanan panjang John, Allison, dan Nathan menuju ke pulau Greenland diwarnai dengan beberapa kejadian. Mereka harus berpacu dengan maut dan waktu. Sementara itu meteor-meteor semakin dekat. Bahkan di beberapa wilayah telah memusnahkan peradaban mereka.

Lalu bagaimana nasib John dan keluarganya? Apakah mereka berhasil menuju Greenland atau harus mati bersama meteor? Menarik untuk ditonton.

Tinggalkan Balasan