Corona Di Indonesia, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Corona di Indonesia

Corona akhirnya singgah di Indonesia. Ibarat film-film tentang wabah, Corona atau COVID-19 menjadi ancaman seluruh dunia. Negara kita awalnya mengelak untuk mengkonfirmasi warga terpapar Corona. Ya, karena memang tidak ditemukan warganya positif Corona. Tapi itu tidak bertahan lama.

Pada tanggal 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan secara langsung bahwa dua orang warganya positif Corona. Tapi virus itu tidak mutlak berasal dari negara kita. Dua orang positif Corona diyakini terjangkit melalui seorang WN Jepang yang merupakan teman dekat korban.

Indonesia menjadi tidak aman! Beberapa hari sebelumnya, dunia meragukan penanganan Corona di Indonesia. Mereka merasa “lucu” karena sampai detik tersebut belum seorang warga pun yang terjangkit Corona. Padahal Indonesia adalah salah satu negara dengan kunjungan turis mancanegara yang besar.

Beberapa orang berpendapat bahwa alat yang digunakan untuk memeriksa Corona tidaklah memadai. Hal ini diperkuat dengan hasil pemeriksaan terhadap 238 WNI dari Wuhan. Setelah melewati masa karantina, tak seorang pun dari WNI tersebut dinyatakan positif Corona. Mengenai alat pemeriksaan Corona, Kementerian terkait mengakui bahwa mahalnya alat tersebut menjadi kendala bagi pemeriksaan Corona secara mendalam.

Baca juga: Ingin Jadi Blogger, Tapi Bingung Mau Nulis Apa

Dengan dikonrfimasinya 2 orang pasien Corona di Indonesia, tentu muncul kekhawatiran bagi kita. Apakah Indonesia yang dulu digadang-gadang bebas dari Corona mampu menangani virus tersebut? Apa langkah yang dilakukan oleh pemerintah? Dan apa yang harus kita lakukan?

Gejala dan Cara Pencegahan Corona di Indonesia

Mau tidak mau, kita harus siap dalam menghadapi ancaman Corona. Bukan tidak mungkin Corona akan berada di sekeliling kita. Kewaspadaan diri perlu ditingkatkan.

Mari perhatikan gejala-gejala Corona di sekitar kita dan bagaimana pencegahannya melalui infografis berikut:

Corona di Indonesia
Infografis diambil dari Kompas.com

Nah, sudah tahu kan bagaimana gejala Corona? Demam tinggi merupakan gejala umum yang paling banyak ditemui. Tapi tidak hanya itu, pada beberapa kasus ada pasien Corona yang hanya kelelahan dan mengalami batuk kering.

Jika kamu memiliki gejala-gejala di atas dan merasa yakin terpapar Corona, tidak ada salahnya untuk melaporkan kepada petugas medis. Pemerintah telah menyediakan ruang isolasi bagi penderita Corona. Saya pernah membaca berita ada sekitar 100 rumah sakit lebih yang ditunjuk untuk menangani permasalahan Corona.

Ancaman Corona, Bagai Kenyataan dalam Film

Dalam dunia film, banyak sekali dikisahkan tentang ancaman wabah seperti virus, penyakit, kebocoran bahan kimia, dan lain-lain yang menyebabkan kepanikan warga dunia.

Salah satu film tentang wabah yang hampir serupa dengan Corona adalah Contagion. Film yang disutradarai oleh Steven Soderbergh ini dirilis tahun 2018. Wabah flu diduga berasal dari daging babi di Hongkong telah menjangkiti seorang turis Amerika Serikat. Saat sang turis kembali ke negerinya, dia jatuh sakit dan virus yang berada di tubuhnya menyebar ke orang lain.

Begitulah pola penyebaran virus yang kadang tidak disadari telah singgah di tubuh kita. Perjuangan melawan wabah dalam film-film tidak hanya Contagion. Ada puluhan film lain dengan alur cerita yang hampir sama.

Tidak ada salahnya kita menonton film-film tersebut. Barangkali kita bisa terinspirasi dari cara bagaimana tokoh-tokoh dalam film tersebut bertahan hidup dalam menghadapi ancaman wabah.

Virus Corona memang menjadi ancaman nyata bagi kita. Ancaman ini bahkan lebih menakutkan dari beberapa wabah virus sebelumnya, seperti MERS, flu burung, flu babi, dan lain-lain. Corona telah berhasil membuat kota super sibuk seperti Wuhan menjadi kota mati.

Marilah kita menjaga diri dari wabah Corona. Persiapkan diri dengan berusaha mencegah mewabahnya virus Corona. Semoga rakyat Indonesia terlindungi dari kutukan Corona. Amin []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *