Black Beauty (2020)

Black Beauty (2020) – Temukan Jalan Pulangmu!

Film drama Black Beauty (2020) diangkat dari novel yang berjudul sama karangan Anna Sewell. Black Beauty (2020) mengisahkan persahabatan sejati antara seekor kuda betina dan seorang gadis yang patah hati. Kedua makhluk ini memiliki latar belakang yang sama sehingga secara emosional, persahabatan antara mereka terjalin begitu alamiah.

Di Pegunungan Onaqui, Utah, kawanan mustang hidup berkelompok. Kuda-kuda liar ini sering kali ditangkap oleh pemburu kuda untuk dijinakkan. Seekor kuda betina liar berwarna hitam harus berpisah dengan keluarganya. Kuda betina liar ini dibawa ke sebuah tempat penangkaran kuda liar.

Film Black Beauty (2020) ini dinarasikan oleh seekor kuda betina oleh Kate Winslet. Kuda ini tampak sedih karena harus berpisah dengan kawanan kelompoknya. Ia tidak ingin dijinakkan oleh siapa pun. Jiwa dan batinnya memberontak ingin hidup bebas.

Lalu seorang penjinak kuda bernama John Manly (Iain Glen) tertarik untuk membawa kuda betina itu ke istalnya, Birtwick di New York. John membiarkan kuda betina ini untuk beradaptasi di lingkungan barunya. Ia sendiri belum berniat untuk menjinakkan si kuda betina ini. Biarlah dia mengenal lingkungannya dulu. Saat John sedang asyik-asyiknya memuji keindahan kuda betina itu, datanglah sebuah kabar duka. Ia kehilangan kakak kandungnya. Anak kakaknya, seorang remaja perempuan kemudian diasuh olehnya.

Remaja perempuan yang bernama Jo Green (MacKenzie Foy) tampak tidak senang tinggal bersama pamannya. Ia kecewa dengan sikap pamannya yang tidak pernah mengunjungi keluarganya. Secara emosional, hubungan mereka tidaklah terlalu dekat. Namun keadaan yang memaksa Jo harus tinggal di sana, meskipun batinnya meronta.

Pergolakan batin Jo dan kuda betina di istal Birtwick sedang berkecamuk. Saat kedua makhluk ini bertemu, getaran jiwa yang kuat entah berasal dari mana menyatukan mereka. Jo diberi tahu latar belakang si kuda betina itu. Dan kuda betina itu sudah lama memperhatikan kesedihan Jo. Anehnya, kuda betina ini tampak tunduk ketika disentuh oleh Jo. Ini membuat John terkesima. Ia sendiri saja tidak mampu mendekati kuda liar itu. Padahal Jo tidak memiliki pengalaman dalam menghadapi kuda liar.

Baca Juga:

Jo menamakan kuda betina liar itu dengan Black Beauty karena keindahannya. Ya, siapa pun yang melihat mustang liar itu pasti akan memuji keindahannya alih-alih ketangguhannya. Black Beauty merasa nyaman berada di samping Jo. Lewat narasinya, Beauty ingin menjadi tuan gadis remaja itu. Meskipun Jo baru kali ini berhadapan dengan kuda liar, namun itu tidak membuatnya takut dan gentar. Beauty mulai jinak dan melunak kepada siapa pun. Hal ini dimanfaatkan oleh John untuk melatih Beauty agar mau ditunggangi.

Pemilik istal Birtwick berencana untuk menjual Beauty. Namun Jo mendengar rencana itu dan sangat berharap agar Beauty dipertahankan atau ia akan membeli Beauty dengan bekerja di istal tersebut. Pemilik istal yang melihat keakraban kedua makhluk itu luluh dan setuju dengan tawaran Jo. Tapi untuk menutup keuangan istal Birtwick, Beauty akan disewakan saja.

Hari yang ditakutkan oleh Jo akhirnya tiba. Sebuah keluarga kaya raya yang melihat Beauty berniat untuk membelinya. Tapi Beauty tidak dijual. Akhirnya mereka menyewa Beauty dan juga mengajak Jo ke istal keluarga mereka. Di sinilah Jo bertemu dengan pemuda yang tampan, George Winthorp (Calam Lynch). Kedekatan mereka berdua ternyata diendus oleh sang ibu yang tidak menyukai kehadiran Jo. Apalagi Beauty tidak melunak saat anak perempuan kesayangannya ingin menunggangi mustang liar itu.

Beberapa minggu Beauty dan Jo berada dalam keluarga Winthorp, paman Jhon menjemput mereka. Raut muka Jhon tampak sedih. Dia harus mengabarkan berita duka bahwa istal Birtwick telah resmi ditutup oleh pemiliknya lantaran biaya pengeluaran untuk merawat kuda-kuda liar itu terlalu besar. Beberapa kuda telah dijual oleh pemiliknya. Dan Beauty termasuk dalam daftar itu.

Kedua makhluk ini sangat sedih harus berpisah. Tapi takdir tetap harus mereka jalani. Black Beauty (2020) selanjutnya mengisahkan perjalanan si kuda liar itu bersama pemilik yang membelinya. Dapatkah kedua makhluk ini bersatu kembali? Film Black Beauty (2020) ini adalah kisah drama yang sangat bagus dan layak ditonton bersama keluarga. Alur penceritaan yang menggunakan orang pertama tunggal semakin menegaskan bahwa film ini ingin menampilkan karakter yang kuat pada tokoh utamanya, Black Beauty. []

Tinggalkan Balasan