Bad Education (2019) – Beberapa Orang Belajar dengan Cara yang Sulit

Film Bad Education (2019) diangkat dari kisah nyata yang merupakan sebuah film biografi dan sekaligus kriminal. Dari judulnya mungkin Anda terbayang tentang sebuah sistem pendidikan yang buruk atau seorang guru yang terjebak dalam sebuah sekolah yang di dalamnya terdapat murid-murid keras kepala dan bandel. Tebakan Anda salah.

Bad Education (2019) mengisahkan tentang skandal penggelapan uang yang dilakukan oleh pengawas pendidikan di New York’s Roslyn School. Skandal ini menjadi sebuah catatan sejarah kelam dalam dunia pendidikan Amerika Serikat. Publik tidak menyangka bahwa Dr. Frank Tassone (Hugh Jackman) berada di balik semua skandal ini. Tassone menjalankan aksinya dengan apik dan selama berpuluh-puluh tahun tidak ada yang mencurigai kejahatannya. Skandal ini justru terungkap oleh siswanya sendiri, Rachel Bhargava (Geraldine Viswanathan) yang tanpa sengaja melakukan investigasi mendalam untuk laporan surat kabar sekolah.

Film ini mulai dirilis pertama sekali dalam acara Toronto International Film Festival di Kanada pada tanggal 8 September 2019. IMDB memberikan skor untuk film ini sebanyak 7.1, sebuah nilai yang lumayan bagus. Lihat info lengkap film di sini.

Plot Bad Education (2019)

Dr. Frank Tassone adalah pengawas sekolah di New York’s Roslyn School dan memiliki popularitas yang bagus di kalangan para pendidik. Sejak dia menjadi pengawas, pamor sekolah meningkat tajam sehingga banyak orang tua siswa yang ingin menempatkan anak-anaknya di sekolah ini. Usaha Frank Tassone semakin mudah karena dia dibantu oleh asisten pengawas yang cakap dan terampil sekaligus penasehat kehidupannya, Pam Gluckin (Allison Janney).

Salah satu adegan film Bad Education (2019)
Frank Tassone dan Pam Gluckin. Sumber dari IMDB.com.

Sebagai seorang yang cukup populer di dunia pendidikan, Frank Tassone kerap bepergian keluar kota untuk menghadiri seminar-seminar pendidikan dan juga sering diundang untuk menjadi pembicara. Tidak hanya itu, dia juga sering menghadiri acara-acara yang diinisiasi oleh beberapa komunitas kecil di wilayahnya.

Tassone sangat disenangi oleh siswa-siswa sekolahnya karena memiliki komunikasi yang bagus dan selalu memberi solusi terhadap masalah yang mereka hadapi. Bahkan wali siswa juga sering meminta pandangannya terhadap permasalahan yang dihadapi anak-anaknya. Begitu sempurna kehidupan Dr. Frank Tassone sebagai seorang pengawas pendidikan di New York’s Roslyn School.

Baca Juga: Sinopsis Film The Gentlemen (2019) – Kumpulan Para Kriminal Berkelas

Seorang siswanya, Rachel Bhargava suatu hari hendak mewawancarai Pam Gluckin. Tapi Pam tidak berada di kantornya dan malah disambut dengan hangat oleh Frank Tassone. Dia menanyakan kepada Rachel apa yang ingin dikerjakannya. Rachel pun menjawab singkat dia ingin mewawancarai Pam terkait dengan proyek Sky Walk di sekolahnya. Tassone memberi pandangan pribadinya terhadap proyek tersebut dan jawaban ini sudah cukup bagi Rachel untuk laporan jurnalistiknya di tabloid sekolah. Frank Tassone pun memberi nasehat kepada Rachel tentang sebuah motivasi dalam jurnalistik.

Ternyata nasehat yang diberikan oleh Tassone menjadi pemantik baginya untuk lebih serius menggeluti jurnalistik. Dia pun mencoba untuk melakukan investigasi secara mendalam terkait dengan beberapa proyek di sekolah. Karena observasi tak langsung yang dilakukannya dia melihat beberapa kondisi fisik gedung sekolah yang sudah rusak dan belum diperbaiki. Misalnya atap yang bocor.

Investigasi yang dilakukannya pun membuat Rachel tercengang karena ada beberapa perusahaan fiktif yang ditemukannya. Pada saat yang hampir bersamaan, sekolah itu juga mengalami “pencurian” dana yang bermuara pada Pam Gluckin. Pihak sekolah pun memecat Pam Gluckin karena kelalaiannya. Padahal Pam adalah korban yang justru dilakukan oleh keluarganya sendiri. Pam tetap bersalah dan Frank Tassone tak bisa melakukan apa pun untuk menolongnya, bahkan dia menghindar dari Pam.

Salah satu adegan film Bad Education (2019)
Rachel Bhargava, sang jurnalis sekolah yang menguak skandal penggelapan uang yang dilakukan Frank Tassone. Sumber dari IMDB.com.

Investigasi Rachel mulai tercium oleh Frank Tassone dan dia mengingatkan Rachel agar tidak melangkah lebih jauh. Tapi hal ini justru mengganggu pikiran Rachel. Dia pun kehilangan fokusnya dalam belajar. Itu berlangsung selama beberapa hari. Karena semakin menyiksa batinnya, Rachel Bhargava dengan keberanian yang kuat mulai mempublikasi laporan invertigasinya terhadap skandal penggelapan uang yang dilakukan oleh Frank Tassone.

Berita ini cukup menghebohkan! Pihak direksi sekolah dan kepolisian mengusut laporan ini. Frank Tassone tidak mampu menghindar dari tuduhan ini. Selama bertahun-tahun dia telah menggelapkan uang yayasan untuk kepentingan pribadinya, seperti biaya perawatan kulitnya, biaya membeli apartemen dan properti lainnya atas nama pasangan gay-nya. Semua kesalahan Tassone terungkap sehingga menyebabkannya dibui.

Tinggalkan Balasan