• Home
  • Antonio Meucci: Penemu Telepon Pertama di Dunia
Antonio Meucci penemu telepon

Antonio Meucci: Penemu Telepon Pertama di Dunia

Antonio Meucci adalah seorang penemu telepon keturunan Italia Amerika yang lahir pada tanggal 13 April 1808 di Florence, Italia. Ia bermigrasi dari Italia menuju ke Kuba pada tahun 1835.

Di Kuba, ia mendirikan sebuah pabrik pelapis logam pertama di negara itu. Lalu ia tertarik untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit dengan menggunakan listrik.

Lewat percobaannya, Meucci menaruh lempengan logam di dalam mulut penderita sakit kepala dan menghubungkannya dengan baterai. Sebelum menghidupkan alat tersebut, ia meletakkan lempengan serupa di dalam mulutnya dan menyesuaikannya. Lalu ia menekan tombol tersebut.

Baca Juga: Thomas Edison: Penemu Bola Lampu

Alexander Graham Bell pernah bekerjasama dengan Antonio Meucci. Dan Bell bisa saja meniru alat temuan Meucci berupa “telegraf berbicara”. Ya, jauh sebelum Bell menemukan telepon, Antonio Meucci pernah menciptakan alat tersebut.

Ide Penemuan Telepon Antonio Meucci

Telegraf berbicara yang selanjutnya kita kenal dengan telepon adalah alat ciptaan Antonio Meucci. Ia menggunakan alat tersebut saat berusaha menyembuhkan pasiennya dengan listrik. Pasiennya berteriak kesakitan, dan suara ini terdengar oleh Meucci dari bunyi yang mengalir dari kawat tersebut.

Ia menyadari pentingnya penemuan ini. Lalu ia memperbaiki kumparan kawat pada papan kerucut yang akan bergerak ketika bunyi menabraknya. Lalu magnet yang terdapat dalam kumparan akan menimbulkan sebuah arus listrik yang akan berubah menjadi bunyi. Dan mikrofon yang masih kasar di dalamnya juga bisa berfungsi sebagai pengeras suara. Nah, jika kawat-kawat tersebut terhubung, maka terbentuklah dengan apa yang kita namakan sebagai telepon.

Pada tahun 1858, Meucci menciptakan telepon yang terbuat dari kayu. Sebuah piringan kertas terdapat pada bagian luas alas yang terbuat dari kayu, sehingga menggerakkan kumparan kawat di dalamnya. Lau, 9 tahun kemudian, Alexander Graham Bell mempatenkan alat yang hampir serupa.

Ada konspirasi ketika pekerja pada perusahaan Bell menyuap pejabat hak paten Amerika Serikat. Mereka meminta untuk memusnahkan dokumen-dokumen yang membuktikan bahwa Antonio Meucci adalah penemu telepon pertama di dunia.

Terjadi perseteruan sengit antara Meucci dan Bell. Namun, Bell semakin kaya dari hasil penemuan curiannya dan ia mampu menyewa pengacara ulung untuk menyerang Meucci.

Meucci mengklaim bahwa salah satu instrumen asli buatan Bell terlihat mirip dengan alatnya. Sayangnya, ia tidak mampu melindungi penemuannya dengan hak paten. Ketika ia mencoba menarik perhatian perusahaan besar Western Union Telegraph dengan idenya, mereka malah menghilangkan model-model dan gambar-gambarnya.

Lalu pada tahn 1876, Alexander Graham Bell malah mematenkan telepon dengan bantuan Western Union. Antonio Meucci sangat marah. Ia memang kalah segalanya dari Bell. Apalagi kemampuan bahasa Inggrisnya sangat buruk saat ia berupaya untuk membuktikan temuannya.

Baca Juga: Almon Strowger: Penemu Interkoneksi (Swith Telepon)

Kondisi kesehatan memperburuk keadaannya. Sampai Antonio Meucci meninggal dunia pada tanggal 18 Oktober 1889 di New York, Amerika Serikat, ia masih belum mampu membuktikannya.

Namun, pada tahun 2001, Kongres Amerika Serikat akhirnya memberikan pengakuan kepada Antonio Meucci sebagai penemu telepon pertama di dunia.

Leave A Comment